HUT ke-77 RI, Luhut: Bangsa Kita Hebat, Bisa Atasi Masalah Sendiri

| 17 Aug 2022 18:05
HUT ke-77 RI, Luhut: Bangsa Kita Hebat, Bisa Atasi Masalah Sendiri
Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Indonesia adalah bangsa yang hebat dan bisa mengatasi masalahnya sendiri.

Hal itu salah satunya merujuk pada pandemi Covid-19 yang berhasil dilalui Indonesia dengan baik dalam dua tahun terakhir.

"Saya kira berkat kerja sama kita semua, dan kita menunjukkan sebagai bangsa yang hebat, bahwa bangsa ini bisa mengatasi masalahnya sendiri. Saya pikir, hal ini patut kita syukuri dalam menyambut 17 Agustus kali ini," katanya dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Rabu (17/8/2022) dikutip dari Antara.

Luhut menuturkan pandemi ini juga menjadi momentum bagi Indonesia untuk melakukan lompatan-lompatan dalam banyak hal, termasuk reformasi di bidang kesehatan sehingga bisa menghasilkan produk-produk teknologi kesehatan dalam negeri yang membuat Indonesia lebih mandiri ke depan.

"Oleh karena itu saya berharap kita semua, mari satu padu, membangun ekonomi kita yang sekarang juga di tengah-tengah tempaan ekonomi dunia, tapi kita masih menjadi salah satu ekonomi yang cukup bagus," tuturnya.

Luhut meminta agar tidak ada lagi pihak yang memberikan berita tidak benar dan bohong kepada masyarakat.

Ia meyakinkan, pemerintah siap memberikan data yang benar serta sinyal-sinyal yang kurang baik mengenai ekonomi nasional.

"Tetapi dengan apa yang ada sekarang, kalau kita dapat berjalan dengan baik, saya yakin dan percaya kita akan mampu membawa Indonesia semakin baik ke depan ini," katanya.

Luhut juga menegaskan, di hari ulang tahun ke-77 ini, Indonesia sudah berada di jalan yang benar untuk bisa jadi negara maju.

Koordinator PPKM Jawa Bali itu juga tidak lupa meminta masyarakat tetap disiplin menghadapi Covid-19 yang masih belum terlihat akan berakhir.

"Jadi apapun nanti yang diarahkan pemerintah, kita semua minta kompak mematuhinya karena itu demi keamanan kita semua," pesannya.

Luhut mengingatkan tantangan dan ujian terus akan ada, namun semangat dan solidaritas sebagai bangsa harus terus digaungkan.

"Sekali merdeka tetap merdeka! Mari kita menjadi bangsa yang betul-betul tahan uji dalam keadaan apapun. Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Untuk Indonesia Lebih Maju, Merdeka!," kata Luhut.

Rekomendasi