Asrul Sani Ungkap Solusi Atasi Kisruh PPP: Suharso dan Mardiono Harus Bertemu

| 07 Sep 2022 05:24
Asrul Sani Ungkap Solusi Atasi Kisruh PPP: Suharso dan Mardiono Harus Bertemu
Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani (Antara)

ERA.id - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tengah digoyang oleh kisruh internal setelah memutuskan mencopot Suharso Monoarfa sebagai ketua umum PPP dan digantikan oleh Muhammad Mardiono sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua umum PPP.

Menurut Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani bahwa kisruh internal PPP itu bisa diselesaikan jika Suharso sudah bertemu dengan Mardiono. Keduanya hingga saat ini belum saling bertemu.

"Solusinya ya bertemulah Pak Suharso dengan Pak Mardiono. Ini dua orang kan bersahabat," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Arsul meyakini, Mardiono pasti tidak keberatan dan akan meluangkan waktu untuk berbicara empat mata dengan Suharso. Apalagi kedua tokoh tersebut memang sangat dekat.

Kedekatan Suharso dan Mardiono itu dibuktikan dengan terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Saat itu, Suharso menunjuk Mardiono senagai koordinator di KIB. "Insyaallah kalau bertemu Pak Mardiono at anytimes itu kalau diajak bertemu pasti akan berkenan," kata Arsul.

Di samping itu, Arsul mengusulkan agar dalam pertemuan itu nantinya Suharso mau menempati posisi ketua mejelis pertimbangan yang sebelumnya diisi oleh Mardiono.

Oleh karena itu pula, PPP juga masih mengosongkan nama yang menempati posisi ketua mejelis pertimbangan saat mengajukan permohonan pergantian kepengurusan partai ke Kementerian Hukum dan HAM.

"Sekarang Pak Mardiono plt ketua umum, ya Pak Suharso jadi saja Ketua Majelis Pertimbangan Partai. Itu sudah saya sampaikan berkali-kali, memang seperti itu, tukar tempat, tukar kursi," kata Arsul.

Seperti diketahui, Mukernas PPP memutuskan mencopot Suharso Monoarfa dari jabatan ketua umum PPP dan mengukuhan Muhammad Mardiono sebagai Pelaksana tugas (Plt) ketua umum.

Keputusan tersebut kemudian menimbulkan gejolak di antara para kader PPP. Banyak kader merasa kecewa karena dewan pimpinan pusat partai saling berkonflik.

Namun, Suharso tetap tegas menyebut dirinya masih menjabat sebagai ketua umum PPP. Hal itu dia sampaikan saat menghadiri acara Workshop Nasional Anggota DPRD Fraksi PPP se-Indonesia bertajuk "Merawat Persatuan dengan Pembangunan" yang digelar di Hotel Redtop, Pecenongan, Jakarta Pusat, Selasa (6/9/2022).

"Saya masih ketua umum. Saya adalah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP)," tegas Suharso yang diiringi teriakan takbir.

Suharso menegaskan, informasi yang beredar bahwa dirinya telah dicopot dari jabatan ketua umum adalah kabar bohong."Apa yang telah dikembangkam adalah tidak benar," ucap Suharso.

Rekomendasi