Presiden Jokowi Lantik Azwar Anas Sebagai MenPAN-RB

| 07 Sep 2022 13:55
Presiden Jokowi Lantik Azwar Anas Sebagai MenPAN-RB
Presiden Jokowi melantik Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri PANRB, Rabu (07/09/2022), di Istana Negara, Jakarta. (Sumber: Tangkapan Layar/ Setkab)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), menggantikan Tjahjo Kumolo.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9/2022). Acara dimulai dengan pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya, akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh penuh rasa tanggung jawab," demikian bunyi sumpah jabatan menteri yang dipandu oleh Presiden Jokowi dan rohaniawan.

Pelantikan Azwar Anas itu dihadiri langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Seperti diketahui, posisi MenPAN-RB kosong sejak Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena sakit pada Jumat (1/7) lalu.

Dari informasi yang dihimpun, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebelumnya telah mengajukan tiga nama untuk dipilih sebagai MenPAN-RB. Diantaranya yaitu Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Azwar Anas.

Azwar Anas sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode sejak 21 Oktober 2010-17 Februari 2021.

Rekomendasi