Kemarin Minta Masyarakat Jaga Data Pribadi Masing-masing, Kini NIK Hingga Golongan Darah Johny G Plate Diumbar Hacker Bjorka

| 10 Sep 2022 16:07
Kemarin Minta Masyarakat Jaga Data Pribadi Masing-masing, Kini NIK Hingga Golongan Darah Johny G Plate Diumbar Hacker Bjorka
Johny G Plate (Antara)

ERA.id - Hacker bernama Bjorka kembali membuat heboh, setelah mengaku membocorkan dokumen Badan Intelijen Negara (BIN) kepada Presiden RI, kini menyebarkan data pribadi milik Menkominfo Johny G Plate.

Seperti dikutip akun Twitter @darktracer_int pada Sabtu (10/9/2022), Bjorka membocorkan data berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat, nama orang tua dan istri hingga golongan darah.

Sambil membocorkan data milik Plate, Bjorka juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Menkominfo.

Tangkapan layar

Seperti diketahui, Belakangan publik dihebohkan dengan adanya dugaan kebocoran data pribadi hingga data milik BIN. Hal itu terungkap dari unggahan hacker yang mengaku bernama Bjorka di Breached Forums atau Breached.to.

Bjorka membocorkan data warga Indonesia, dokumen penting BIN, hingga surat rahasia BIN kepada Presiden RI.

Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto membantah hal tersebut. Wawan mengatakan informasi itu adalah hoaks.

"Hoaks itu, dokumen BIN aman terkendali, terenkripsi secara berlapis, dan semua dokumen pakai samaran," kata Wawan kepada wartawan, Sabtu (10/09/2022).

Wawan menjelaskan dokumen BIN ke presiden tidak akan bocor. Sebab, sambungnya, dokumen yang dikirimkan BIN ke presiden memakai pengamanan yang selalu diganti setiap saat

"Apalagi jika itu surat atau dokumen ke Presiden, selalu dilakukan melalui kripto (sandi), dan kripto setiap saat diubah. Jadi dokumen BIN ke Presiden tidak bocor," ucapnya.

Rekomendasi