PKS Ngaku Dekat Dengan Partai Golkar, Sinyal Gabung KIB?

| 22 Sep 2022 11:01
PKS Ngaku Dekat Dengan Partai Golkar, Sinyal Gabung KIB?
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera (Antara)

ERA.id - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyebut, bahwa partainya sedang dekat dengan Partai Golkar. Kedekatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendekati Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Sebetulnya kami ke Golkarnya ya. Apakah nanti dengan KIB, ya mungkin dari situ (Partai Golkar) pintu masuknya," ujar Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Mardani mengatakan, PKS tengah menyusun sejumlah skenario untuk menentukan koalisi Pemilu 2024. Karena itu, partainya tak hanya menjalin kedekatan dengan Partai NasDem dan Partai Demokrat saja, tetapi juga Partai Golkar yang sudah bergabung dengan KIB.

"Tentukan ada skenario pertama, kalau enggak berhasil ada skenario kedua. Kalau enggak berhasil, pakai skenario ketiga," katanya. 

Anggota Komisi II DPR RI itu mengatakan, membangun dan menentukan koalisi perlu melalui proses yang panjang. Karena itu, PKS terus melalukan komunikasi dengan semua pihak.

"Kita kan kerikilnya atau prosesnya itu panjang kali lebar. Jadi harus dibuka komunikasi dengan semua," kata Mardani.

Namun, keputusan akhir dengan siapa PKS berkoalisi akan diputuskan oleh Majelis Syuro PKS. Belum ada keputusan apapun yang final. "Tetapi komunikasi jalan terus. Nanti musyawarah Dewan Syuro yang menentukan," pungkasnya.

Rekomendasi