PPP Tegaskan Belum Tentukan Capres 2024, Termasuk Anies Baswedan

| 28 Sep 2022 07:30
PPP Tegaskan Belum Tentukan Capres 2024, Termasuk Anies Baswedan
Kantor DPP PPP Jakarta (Antara)

ERA.id - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi alias Awiek menegaskan, partainya belum memutuskan calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini merespon hasil Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) DPC PPP se-DKI Jakarta yang merekomendasikan Anies Baswedan sebagai capres.

"Sampai hari ini DPP PPP belum memutuskan siapa calon presiden yang akan diusung," kata Awiek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Awiek menjelaskan, hasil Mukercab DPC PPP se-DKI Jaksarta baru sebatas aspirasi dari akar rumput. Setiap DPC pun pastinya memiliki usulan yang bebeda-beda mengenai capres yang hendak diusung.

"Karena kebetulan ada di DKI Jakarta sehingga mudah diakses informasinya oleh publik seolah-olah PPP telah memutuskan (capres yang akan diusung)," katanya. 

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu mengatakan, penentuan capres baru akan diputuskan dalam forum musyawarah kerja nasional (mukernas) atau rapat pimpinan nasional (rapimnas). "Karena itu ada mekanismenya. entah itu nanti mukernas atau rapimnas itu mekanisme yang sah dalam pengambilan keputusan," kata Awiek.

Forum pengambilan keputusan itu juga belum akan digelar dalam waktu dekat. Aweik bilang, PPP baru akan membuat keputusan di awal tahun 2023.

PPP tak mau terlalu terburu-buru mengambil keputusan, sebab pendaftaran pasangan capres-cawapres pun masih lama

"Paling cepat bulan-bulan Januari, Februari paling cepat. Karena pendaftaran calon presiden itu kan sekitar pertengahan tahun, masih sangat banyak waktu kita untuk menginventarisir nama-nama yang dianggap layak menjadi calon presiden," katanya.

Selain itu, PPP juga masih harus mengusulkan nama capres ke partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indoensia Bersatu (KIB). Nantinya, masing-masing parpol akan berdiskusi untuk memutuskan siapa tokoh yang paling pantas diusung. "Di luar itu kami semua masih terikat dengan koalisi Indonesia Bersatu atau KIB," katanya. 

Mukercab DPC PPP se-DKI Jakarta menghasilkan rekomendasi capres untuk Pipres 2024. Mereka mengusulkan nama Anies Baswedan dipilih untuk diusung oleh partai.

"(Hasil Mukercab PPP se-DKI) eksternal, merekomendasikan Bapak H. Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden pada musyawarah kerja wilayah DKI Jakarta," kata Ketua DPC PPP Jakarta Pusat Abdul Hai, Minggu (25/9).

Selain itu, DPC PPP se-DKI Jakarta juga memberikan apresiasi terhadap Anies atas kerja-kerjanya sebagai gubernur di Ibu Kota.

Dalam kesempatan itu, Anies Baswedan terlihat menghadiri Mukercab DPC PPP se-DKI Jakarta. Peserta Mukercab pun ramai menerikan 'Anies Presiden'.

"Anies presiden... Anies presiden. Terima kasih kepada Bapak Anies yang selama lima tahun memberikan pencerahan kepada warga DKI Jakarta. Semboyannya apa? Maju kotanya, bahagia warganya," kata Abdul.

Rekomendasi