Jokowi Dianugerahi Gelar Adat Kesultanan Ternate

| 28 Sep 2022 08:51
Jokowi Dianugerahi Gelar Adat Kesultanan Ternate
Presiden Jokowi mendatangi para pedagang kaki lima (PKL) dan mentraktir anak-anak di Pasar Malam Pantai Kamali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Senin (26/9/2022). (ANTARA/HO-Jubir Gubernur Sultra)

ERA.id - Presiden Joko Widodo diagendakan mendapat anugerah gelar adat dari Kesultanan Ternate di Kedaton Sultan Ternate, dalam kunjungan kerjanya ke Maluku Utara, Rabu.

"Yang pertama adalah menghadiri penganugerahan gelar adat Kesultanan Ternate, di sana nanti Presiden diberikan gelar kesultanan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan yang diterima di Jakarta dikutip dari Antara, Rabu (28/9/2022).

Dalam kunjungan kerja tersebut, lanjut Heru, Jokowi dijadwalkan mengunjungi tiga daerah di Maluku Utara, Rabu, yakni Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kota Tidore Kepulauan

Usai mengunjungi Kedaton, Jokowi menuju Pasar Bahari Berkesan dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate untuk menyerahkan bantuan sosial (bansos) sekaligus memeriksa penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para penerima manfaat.

"Tentunya Presiden akan memberikan bantuan BLT dan berdiskusi apa yang harus disampaikan dari masyarakat kepada Presiden," tambahnya.

Setelah itu, Jokowi menuju Bandara Sultan Babullah Ternate untuk lepas landas ke Kabupaten Halmahera Barat. Setibanya di Halmahera Barat, Jokowi akan bertemu masyarakat di Kantor Pos Jailolo dan Pasar Rakyat Jailolo.

"Beliau juga mendatangi kantor pos setempat yaitu Kantor Pos Jailolo, di mana memastikan juga bantuan-bantuan sudah sampai ke masyarakat, dan tentunya menyapa kembali di Pasar Halmahera Barat, Pasar Jailolo," katanya.

Selanjutnya, Jokowi lepas landas ke Kota Tidore Kepulauan untuk menuju ke Pasar Galala dan Kantor Pos Desa Guraping guna memastikan pendistribusian bansos sampai ke masyarakat yang berhak menerima.

"Setelah itu masih ada waktu. Beliau (Jokowi) akan menuju ke Sofifi, Tidore, di mana akan ada kegiatan juga yaitu ke Pasar Galala dan kantor pos. Titik terakhir ke UKM Mart," ujar Heru.

Setelah seluruh agenda kegiatan di Maluku Utara selesai, Jokowi beserta rombongan terbatas akan menuju Helipad Kompi Khusus di Kota Tidore Kepulauan untuk menuju ke Kota Ternate. Setibanya di Bandara Sultan Babullah Ternate, Jokowi beserta rombongan lepas landas kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba.

Rekomendasi