Jokowi Bakal Beri Gelar Pahlawan Nasional ke Tokoh Perfilman Indonesia Usmar Ismail

Tim Editor

Jokowi (Dok. Instagram Jokowi)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh dari sejumlah daerah di Indonesia. Salah satunya tokoh dari DKI Jakarta yang juga tokoh perfilman Indonesia Usmar Ismail.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, penganugrahan gelar pahlawan nasional tersebut rencananya akan diberikan oleh Presiden Joko Widodo pada 10 November 2021 yang juga bertepatan dengan Hari Pahlawan.

"Untuk memperingati Hari Pahlawan pada 10 November tahun ini, pemerintah dalam hal ini bapak Presiden sudah mengeluarkan keputusan untuk memberikan gelar pahlawan kepada empat pejuang yang menginspirasi membangun Indonesia," kata Mahfud dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kemenko Polhukam RI, Kamis (28/10/2021).


Adapun empat tokoh nasional yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional yaitu Tombolututu tokoh dari Sulawesi Tengah, Sultan ke-14 dari Kesultanan Kutai Kartanegara Sultan Aji Muhammad Idris, tokoh perfilman Indonesia Aji Usmar Ismail, dan Raden Aria Wangsakara tokoh dari Banten.

"Dari Jakarta ada tokoh perfilman dan satu dari Banten. Itu adalah pahlawan nasional tahun ini," kata Mahfud.

Mahfud menjelaskan, empat tokoh ini tentunya telah memenuhi kriteria yang berlaku dalam proses pengajuan sebagai pahlawan nasional. Tak hanya itu, mereka juga berasal dari daerah yang sebelumnya belum ada satupun warganya yang dianugerahi gelar pahlwan..

"Dianugerahi gelar pahlawan berdasarkan keputusan presiden dengan kriterianya banyak harus pernah berjuang, melahirkan apa-apa yang bermanfaat bagi kemajuan, banyak syaratnya, tetapi ini yang menonjol," kata Mahfud.

"Karena yang diajukan ratusan dan semuanya baik-baik, maka pemerintah kali ini mengutamakan selain ketokohan ada pemerataan kedaerahan," pungkasnya.

Tag: jokowi mahfud md pahlawan nasional Usmar Ismail

Bagikan: