DPR RI Ngaku Mobil Listrik untuk Kegiatan P20 Cuma Dipinjamkan Alias Gratis

| 30 Sep 2022 18:29
DPR RI Ngaku Mobil Listrik untuk Kegiatan P20 Cuma Dipinjamkan Alias Gratis
Mobil listrik di Gedung DPR (Gabriella Thesa Widiari/Era.id)

ERA.id - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengaku puluhan mobil listrik berwarna hitam merek 'Hyundai Ionic 5' tidak dibeli maupun disewa menggunkan anggaran DPR RI.

Dia memastikan, seluruh kendaraan itu gratis dari perusahaan mobil asal Korea Selatan tersebut.

"Kendaraan ini kerja sama DPR dengan Hyundai, gratis. Jadi tidak ada pembayaran apapun," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Indra menjelaskan, PT Hyundai meminjamkan 55 unit mobil listrik kepada DPR RI untuk digunakan selama perhelatan 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) pada 5-7 Oktober 2022.

Selain mobil, PT Hyundai juga meminjamkan sopir, karena ada sejumlah sistem operasi yang belum terlalu dikuasai pengemudi biasa.

"Dipinjamkan. Pengemudinya juga. Karena ini ada operating systemnya yang harus hati-hati karena ini belum familiar," kata Indra.

Nantinya, setelah agenda P20 selesai, puluhan mobil tersebut akan dikembalikan. Sebab akan digunakan kembali pada agenda G20 pada November 2022 di Bali.

Seluruh mobil listrik tersebut akan digunakan oleh para delegasi dan undangan P20 serta pimpinan DPR RI untuk mobilitas selama acara berlangsung.

"Selama kegiatan saja, setelah itu kita kembalikan," kata Indra.

Untuk sumber listrik, selain Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sudah terpasang di Kompleks Parlemen, Indra bilang pihaknya juga dibantu oleh PT PLN dan PT EVCuzz.

Dua perushaan itu membatu memasangkan alat pengisi daya atau charger untuk mengisi daya mobil-mobil listrik di sejumlah titik di Kompleks Parlemen.

"Mereka memasangkan empat charger yang itu semua tidak terkena biaya. Jadi, Hyundai hanya menyediakan perangkat kendaraan, untuk urusan charger kami dibantu oleh pihak lain," kata Indra.

Berdasarkan pantaun ERA, kurang lebih terdapat puluhan unit mobil listrik 'Hyundai Ionic 5' yang terparkir di area parkir yang sebelumnya digunakan untuk parkir bis-bis DPR RI.

Sementara bis-bis DPR RI untuk sementara dipindahkan ke area parkir di samping belakang masjid DPR RI.

Indra bilang, saat ini jumlah mobil lisrtrik yang sudah dipinjamkan sebanyak 28 unit. Sementara malam nanti akan datang lagi sebanyak 27 unit. Sehingga total mobil listrik yang dipinjamkan sebanyak 55 unit.

Rekomendasi