Demokrat: Rekam Jejak Anies Selaras dengan Nilai yang Kami Perjuangkan

| 03 Oct 2022 15:35
Anies Baswedan saat berada di JIS dan disambut fans Persija (Dok. Anies)

ERA.id - Partai Demokrat menyambut positif atas deklarasi Partai NasDem yang mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Ketua DPP Partai Demokrat Herzaky Maendra Putra mengatakan, selama ini Anies memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan partainya.

"Sejauh ini rekam jejak Anies Baswedan ini memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang selama ini Demokrat perjuangkan," kata Herzaky di Kantor DPP Demokrat, Jalan Prolamasi, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Selain itu, hubungan Anies dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga cukup dekat. Meski sempat bersaing dalam kontestasi Pilgub DKI pada 2017 lalu.

"Mas Anies maupun Mas AHY juga memiliki hubungan yang cukup baik dan cukup dekat," katanya.

Meski begitu, soal capres dan cawapres, Partai Demokrat memiliki kriteria tersendiri. Hal itu sebelumnya sudah pula disampaikan AHY dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat pada September 2022 lalu.

"Kami itu memiliki kriteria tersendiri yang menitikberatkan kepada integritas, kapabilitas, elektabilitas, chemistry, dan yang paling penting adalah memiliki semangat perubahan dan perbaikan," kata Herzaky.

Sementara soal koalisi, Herzaky mengatakan, komunikasi yang terjalin antara Partai Demokrat dengan Partai NasDem dan PKS berjalan sangat baik dan dipastikan terus berlanjut.

Ketiga partai politik itu juga sepakat untuk mengusung capres yang memperjuangkan perubahan. "Dalam penentuan capres dan cawapres, ketiga partai ini sepakat untuk memiliki semangat memperjuangkan perubahan dan perbaikan dalam menyikapi kondisi bangsa saat ini," katanya.

Sebelumnya, Partai NasDem resmi mengumumkan akan mengusung Anies sebagai capres di Pilpres 2024. Gubernur DKI Jakarta itu merupakan satu dari tiga bakal cares yang direkomendasikan dalam Rakernas Partai NasDem pada Juni 2022 lalu.

"Pilihan capres NasDem adalah yang terbaik dari pada yang terbaik. Inilah akhir NasDem memberikan seorang sosok Anies Baswedan," ujar Surya Paloh.

Surya Paloh menilai, kenapa tidak untuk mengusung sosok terbaik sebagai capres. Oleh karenanya, dia meminta semua pihak mengawal kemenangan Anies Baswedan di Pilprss 2024 "Jawabannya adalah why not the best. Mari kita semua mengawal pencalonan terhadap saudara Anies Baswedan," kata Surya.

Anies Baswesan pun menerima tawaran Partai NasDem untuk diusung sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. "Bang Surya Paloh yang saya hormati dan keluarga besar Partai NasDem, Bismillah kami terima, kami siap," kata Anies.

Anies meminta doa kepada seluruh pihak agar perjalanan ke depan bisa semakin mudah, dan bisa memberikan visi misi agar dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. "Dengan memohon doa semua, Insyaallah perjalanan panjang ini tidak menjadi perjalan yang berat tapi jadi perjalanan yang ringan," kata Anies.

Rekomendasi