PSI Resmi Usung Ganjar dan Yenny Wahid Jadi Capres-Cawapres 2024

| 03 Oct 2022 19:13
PSI Resmi Usung Ganjar dan Yenny Wahid Jadi Capres-Cawapres 2024
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Keputusan tersebut merupakan hasil Rembuk Rakyat yang dilakukan PSI sejak Februari 2022.

"Dari hasil Rembuk Rakyat, kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres PSI di tahun 2024," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dalam konferensi pers virtual, Senin (3/10/2022).

Grace mengatakan, PSI menilai Ganjar adalah kandidat terbaik karena memiliki visi kebangsaan dan kebhinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjungakan oleh partainya.

Selain itu, Ganjar juga dinilai sebagai tokoh yang tepat untuk melanjutkan kerja-kerja pemerintahan warisan Presiden Joko Widodo pada 2024 mendatang.

"PSI melihat mas Ganjar sebagai sosok yang paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini sudah dilakukan pak Jokowi dalam memajukan Indonesia," kata Grace.

Ganjar, kata Grace, dinilai oleh masyarakat sebagai sosok yang merakyat. Selain itu, Ganjar juga dianggap dengan anak muda karena piawai memanfaatkan media sosial.

"Ini adalah calon presiden 2024 pilihan rakyat lewat rembuk rakyat. Bukan keinginan dari elite PSI, dan pilihan rakyat itu sesuai dengan hari nurani kami juga di PSI," kata Grace.

Di samping itu, Rembuk Rakyat juga telah menentukan calon wakil presiden (cawapres) yang dinilai tepat untuk maju di Pilpres 2024. Tokoh itu adalah Zannubah Ariffah Chafsoh Wahid atau Yenny Wahid.

Alasannya karena Yenny Wahid dinilai sebagai sosok perempuan yang memiliki pemikiran dan kontribusi besar dalam gerakan sosial.

"Kami menilai mbak Yenny memiliki kualitas pribadi yang mumpuni. Sebagai tokoh perempuan Islam, mbak Yenny dihormati karena pemikiran dan kontribusinya dalam gerakan sosial," kata Grace.

Grace menambahkan, sosok Yenny Wahid juga selama ini sangat konsisten melanjutkan perjuangan dan cita-cita Presiden keempat RI Abdurachman Wahid atau Gus Dur, untuk menciptakan Indonesia yang adil dan toleran.

Grace mengatakan, kombinasi Ganjar-Yenny dinilai paling apik untuk memajukan bangsa Indonesia kedepannya.

"Kombinasi Ganjar-Yenny Wahid kami anggap sebagai kombinasi terbaik untuk melanjutkan kepemimpinan nasional. Inilah yang akan didorong PSI untuk menjadi capres dan cawapres 2024 untuk mewujudkan Indonsia sebagai negeri yang adil dan toleran," pungkasnya.

Rekomendasi