Gibran Ogah Dukung Jokowi Jadi Cawapres 2024, Klaim Jokowi Mau Istirahat

| 05 Oct 2022 17:41
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Putra sulung Presiden Joko Widodo sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan jika ayahnya tidak akan maju sebagai Calon Wakil Presiden 2024 mendatang. Kabar ini santer terdengar beberapa waktu belakangan.

"Ora (cawapres) wacananya siapa," kata Gibran pada Rabu (5/10/2022).

Saat ditanya terkait wacana itu, Gibran juga menyiratkan ketidaksepakatannya. "Ya salahno sing nggaungke (ya silakan salahkan yang menggaungkan)," katanya.

Ia mengakui jika tidak pernah ada obrolan dengan ayahnya terkait hal ini. Menurutnya Jokowi juga tidak memiliki keinginan maju sebagai calon presiden maupun cawapres. "(isunya) sama kayak tiga periode. Nggak mau, iya (istirahat)," katanya.

Bahkan Gibran tidak akan mendukung jika Jokowi tetap akan maju menjadi wakil presiden. "Enggak (dukung)," katanya.

Sebagai informasi isu ini sempat santer diperbincangkan beberapa waktu lalu. PDI Perjuangan melempar sinyal kemungkinan Jokowi menjadi wakil presiden setelah menyelesaikan jabatannya sebagai presiden.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI-P Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul mengatakan Jokowi bisa saja menjadi wakil presiden pada tahun 2024. Dengan syarat harus diajukan oleh partai politik tempatnya bernaung. Namun, itupun juga tergantung apakah Jokowi ingin menggunakan peluang tersebut atau tidak. Menurut dia, itu adalah keputusan Jokowi sendiri.

Rekomendasi