Gantikan Anies, Jokowi Tunjuk Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

| 07 Oct 2022 18:55
Gantikan Anies, Jokowi Tunjuk Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta
Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono (Antara)

ERA.id - Kepala Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Kasetpres) Heru Budi Hartono terpilih sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Hal ini diputuskan Jokowi dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Jokowi di Istana Merdeka.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengaku sudah mendengar kabar tersebut dan memastikan informasi yang didapat benar adanya.

"Iya. Insyaallah (informasi Heru Budi terpilih jadi Pj Gubernur DKI) valid lah," kata Prasetyo kepada wartawan, Jumat (7/10/2022).

Diberitakan sebelumya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi mengirimkan tiga nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta ke Presiden Joko Widodo.

Nama-nama usulan Kemendagri serupa dengan yang diusulan oleh DPRD DKI Jakarta sebelumnya, yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

Usulan tiga nama calon Pj Gubernur DKI diputuskan melalui pembahasan internal Kemendagri bersama eselon-eselon terkait.

Nama-nama ini diserahkan ke Sekretariat Negara dan Sekretaris Kabinet. Selanjutnya, tiga nama usulan Kemendagri dan DPRD DKI ini akan dibahas terlebih dulu di Tim Penilaian Akhir (TPA) yang akan dipimpin oleh Jokowi selaku Ketua TPA.

Sebagai informasi, Pj Gubernur DKI Jakarta akan mulai menjabat pada 17 Oktober 2022 hingga Gubernur DKI yang terpilih dari Pilkada 2024 dilantik.

Rekomendasi