Sultan HB X Dilantik Lagi Jadi Gubernur DIY, Jokowi Pesankan Hal Ini

| 10 Oct 2022 14:50
Sultan HB X Dilantik Lagi Jadi Gubernur DIY, Jokowi Pesankan Hal Ini
Presiden Joko Widodo dan Sultan HB X (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menitipkan sejumlah hal kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Paduka Paku Alam X usai dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dia mengatakan hal penting tersebut di antaranya berkaitan dengan harga pangan dan inflasi.

Jokowi meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DIY agar menjadikan hal itu sebagai fokus perhatian.

"Bapak gubernur dan bapak wakil gubernur dapat segera bisa bekerja kembali," ujar Jokowi di Istana Negara pada Senin (10/10/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Paduka Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masa jabatan 2022-2027. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/10/2022) pagi.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 90P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Penjabat Gubernur Jambi dan Pengesahan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027.

Setelah Keppres dibacakan, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Paduka Paku Alam X mengucapkan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya. Dan seadil-adilnya," ucap keduanya yang menirukan Jokowi.

"Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," lanjutnya.

Sejumlah pejabat negara yang hadir dalam pelantikan itu antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menkopolhukam Mahfud MD, Kepala Dewan Pembina BPIP Megawati Soekarnoputri, hingga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Rekomendasi