Undang Jokowi ke Palestina, PM IM Shtayyeh: Insya Allah Kita Bisa Salat Bersama di Masjid Al Aqsa

| 24 Oct 2022 14:05
Undang Jokowi ke Palestina, PM IM Shtayyeh: Insya Allah Kita Bisa Salat Bersama di Masjid Al Aqsa
Presiden Joko Widodo dan PM Palestina di Istana Bogor (Tangkapan layar)

ERA.id - Perdana Menteri IM Shtayyeh mengundang Presiden Joko Widodo untuk berkunjung ke Palestina.  Hal itu disampaikan PM IM Shtayyeh dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Joko Widodo usai melakukan pertemuan di Istana Bogor, pada Senin (24/10/2022).

PM IM Shtayyeh berharap di pertemuan selanjutnya Presiden Joko Widodo bisa berkunjung ke Ibu Kota Palestina yakni Yerusalem.

Dia juga berharap Presiden Joko Widodo bisa melaksanakan salat bersama di Masjid Al Aqsa.

"Insya Allah, mudah-mudahan di kesempatan lain Presiden Jokowi bisa mengunjungi ibu kota kami Al Quds dan kita bsa salat bersama di masjid Al Aqsa,' jelas IM Shtayyeh.

Shtayyeh juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan masyarakat Indonesia atas bantuannya ke Palestina selama ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad IM Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

PM Shtayyeh bersama delegasi terbatas tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.30 WIB dengan diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Usai disambut oleh Presiden Jokowi, prosesi penyambutan dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Jokowi dan Shtayyeh selanjutnya memperkenalkan masing-masing delegasi yang turut hadir mengikuti upacara.

Delegasi dari Indonesia terdiri atas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito, serta Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Qadir Jaelani.

Setelah saling memperkenalkan delegasi masing-masing, Jokowi kemudian mengajak Shtayyeh berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai, Istana Bogor.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penanaman bersama pohon Meranti Bunga atau Shorea leprosula oleh Jokowi dan Shtayyeh di halaman samping Istana Kepresidenan Bogor. Usai penanaman pohon bersama, kedua pemimpin negara itu menuju beranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral bersama delegasi dari masing-masing.

Selanjutnya, kedua pemimpin menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan memberikan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian penyambutan resmi pun diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan di Ruang Garuda.

Rekomendasi