Densus 88 Sebut Siti Elina yang Coba Terobos Istana Terhubung dengan NII dan HTI

| 26 Oct 2022 18:12
Densus 88 Sebut Siti Elina yang Coba Terobos Istana Terhubung dengan NII dan HTI
Tangkapan layar

ERA.id - Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menerangkan perempuan yang membawa senjata api dan mencoba masuk ke Istana Negara, Siti Elina (24), diduga terafiliasi dengan aliran Negara Islam Indonesia (NII) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Dari pemeriksaan sementara dan dari hasil analisis di Densus 88, ditemukan memang yang bersangkutan terhubung secara medsos, media sosial kepada beberapa akun yang kita indikasikan sebagai akun eks HTI maupun akun dari NII, Negara Islam Indonesia," kata Aswin saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Rabu (26/10/2022).

Densus 88 pun melakukan pendalaman dari temuan ini. Usai dilakukan pemeriksaan ke media sosial itu, Siti Elina terhubung dengan BU dan JM.

"Nah setelah pemeriksaan akun atau analis dilakukan, ditemukan dua orang lainnya, dua orang lainnya yang juga terhubung dengan kelompok NII jakarta. Yaitu seorang dengan nama BU dan atas nama JM," ungkapnya.

Lebih lanjut, Aswin mengatakan Densus 88 masih mendalami keterkaitan Siti dengan organisasi terlarang tersebut. Dia mengatakan tidak menutup kemungkinan Siti Elina bakal dijerat dengan sangkaan UU Terorisme.

"Oleh karena itu, untuk sementara ini, pihak densus akan terus terlibat dalam penanganan perkara sambil akan mendalami untuk melihat sangkaan atau kelompok teror mana yang terkait dengan yang bersangkutan. Dan nantinya dugaan atau sangkaan pasal apa yang akan diterapkan ke si pelaku atau tersangka ini," ucap Aswin.

Rekomendasi