AKBP Ari Cahya atau Acay Ngaku Lihat CCTV di Dalam Rumah Dinas Sambo

| 27 Oct 2022 14:55
AKBP Ari Cahya atau Acay Ngaku Lihat CCTV di Dalam Rumah Dinas Sambo
AKBP Ari Cahya Nugraha atau Acay (Tangkapan layar sidang)

ERA.id - AKBP Ari Cahya Nugraha atau Acay, mengaku melihat ada CCTV di dalam rumah dinas terdakwa Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Berdasarkan keterangan Sambo, kata Acay, CCTV itu rusak. Namun, Acay mengaku tidak menanyakan sendiri soal CCTV itu berfungsi atau tidak.

"Ada orang lain yang menanyakan tapi dijawab oleh Pak FS rusak tidak berfungsi (CCTV di dalam rumah dinasnya)," kata Acay saat menjadi saksi di persidangan terdakwa Brigjen Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Kamis (27/10/2022).

Acay yang disebut anggota tim CCTV KM 50 menerangkan posisi CCTV di dalam rumah Ferdy Sambo itu berada di seberang tangga. CCTV itu mengarah tepat ke titik jenazah Yosua tergeletak atau usai ditembak.

"Kalau posisinya dari dapur di sebelah kanan di seberangnya tangga itu ada CCTV. CCTV itu CCTV lama yang besar dan panjang itu langsung ke tangga," kata Acay.

"CCTV ke arahnya ke tangga itu," tambahnya.

Perihal CCTV di dalam rumah Ferdy Sambo ini kembali ditanyakan oleh penasihat hukum Brigjen Hendra. Penasihat hukum Brigjen Hendra bertanya mengapa Acay bisa tahu ada CCTV di dalam rumah dinas Ferdy Sambo. Padahal, Acay baru pertama kali masuk ke rumah tersebut.

"Kemudian kembali ke BAP (berita acara pemeriksaan) saksi nomor 15. Ini agak aneh. Baru pertama kali saudara saksi datang tapi sudah memantau CCTV, sementara kedatangan saksi bukan sebagai penyidik. Itu apa saudara saksi melihat-lihat CCTV?" tanya penasihat hukum Hendra.

"Kan kelihatan Pak. Posisinya besar. Kayaknya bukan hal yang aneh, Pak," jawab Acay.

Penasihat hukum Hendra lalu melanjutkan berbicara. Namun saat akan menyampaikan pertanyaan, Acay langsung memotongnya. Suara Acay terdengar meninggi.

"Bapak juga pasti masuk ke ruangan sini (ruang persidangan PN Jaksel) kan lihat-lihat juga. Jadi kan bukan sesuatu yang aneh," ucap Acay.

Rekomendasi