Johan Budi Dicopot dari Jabatan Wakil Ketua BURT DPR RI, Buntut 'Dewan Kolonel'?

| 01 Nov 2022 12:33
Johan Budi Dicopot dari Jabatan Wakil Ketua BURT DPR RI, Buntut 'Dewan Kolonel'?
Johan Budi (Antara)

ERA.id - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Johan Budi Sapto Pribowo dicopot dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT). Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu digantikan oleh Dede Indra Permana.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar pun membenarkan adanya pelantikan pergantian pengurus BURT pada Selasa (1/11).

"Iya, Pak Johan Budi diganti Pak Dede Indra Permana," kata Indra saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (1/11/2022).

Johan Budi menduduki kursi wakil ketua BURT pada Februari 2022 lalu, menggantikan Evita Nursanty.

Pergantian Johan Budi ini tak lama dilakukan setelah DPP PDIP memberikan sanksi peringatan keras dan terakhir terkait 'Dewan Kolonel'. Selain itu, sanksi juga diberikan kepada sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR RI lainnya.

DPP PDIP menilai, 'Dewan Kolonel' tidak sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai dan juga bertentangan dengan disiplin partai yang meyerahkan keputusan calon presiden dan calon wakil presiden kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekanorputri.

Ketua bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan Komarudin Watubun menyebut, anggota Fraksi PDIP DPR RI yang membentuk 'Dewan Kolonel' merupakan kader yang sedang cari muka ke Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Mereka berinisiatif melakukan itu (membentuk Dewan Kolonel). Ini kan kadang teman-teman ini kelewat kreatif untuk cari muka," kata Komarudin di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/10).

Rekomendasi