Sebut Bakal Ada Partai Parlemen yang Gabung Koalisi Gerindra-PKB, Muzani: Warnanya Sudah Mulai Kelihatan

| 02 Nov 2022 18:45
Sebut Bakal Ada Partai Parlemen yang Gabung Koalisi Gerindra-PKB, Muzani: Warnanya Sudah Mulai Kelihatan
Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani. (Dok. Gerindra)

ERA.id - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberi sinyal bakal menambah anggota koalisi untuk memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, sejauh ini sudah ada pembicaraan dengan sejumlah pimpinan partai politik yang menyampaikan minatnya untuk bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB.

"Ada pimpinan partai politik yang sudah memulai berbicara kepada kami dan PKB, untuk kemungkinan ada penggabungan," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Namun, dia belum mau membocorkan partai mana yang tertarik bergabung dengan koalisi Gerindra-PKB. Dia hanya memastikan bahwa partai itu memiliki kursi di parlemen.

Dia juga menyebut, warna-warna partai yang hendak gabung dengan koalisi Gerindra-PKB pun mulai terlihat.

"Partai parlemen lah. Partai yang punya eksisting di Senayan, yang ada kursi di Senayan," kata Muzani.

"Insyaallah sudah ada mulai pembicaraan. Warna-warna sudah mulai kelihatan dari kejauhan. Kadang gelap, kadang-kadang terang lagi," imbuhnya.

Wakil ketua MPR RI itu menambahkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memiliki harapan bahwa koalisi mereka nantinya bisa terdiri dari tiga hingga empat partai politik.

Alasannya, tidak mungkin mengurus bangsa yang besar hanya dilakukan oleh dua partai politik saja.

"Diurus dua partai saja rasanya tidak cukup, tiga partai belum tentu sanggup. Karena itu, lebih banyak, lebih baik," ujar Muzani.

"Sehingga, jika dimungkinkan maka ada tiga sampai empat partai politik, koalisi PKB-Gerindra bisa bertambah satu sampai dua partai lagi," pungkasnya.

Rekomendasi