PKB Akan Bentuk Koalisi Baru dengan Golkar dan Gerindra

| 17 May 2023 16:05
PKB Akan Bentuk Koalisi Baru dengan Golkar dan Gerindra
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar saat bertemu dengan Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto.

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut partainya akan membentuk koalisi baru bersama Golkar dan Gerindra.

"Ya koalisi baru, kalau sudah tiga gabung berarti baru. Ya kalau tiga gabung kan baru," ujar Cak Imin usai menyambangi kediaman Wakil Presiden Ke-11 RI Boediono di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023).

Menurut Cak Imin, dengan menyatunya ketiga partai ini, maka akan tercipta koalisi yang semakin kuat. "Ya, pokoknya menyatu, otomatis koalisi menjadi semakin kuat," ucap Cak Imin.

Selain ketiga partai itu, lanjut Cak Imin, akan ada partai politik (parpol) non-parlemen yang bergabung bersama koalisi baru tersebut. "Sama partai non-parlemen ya. Itu mulai intensif," ujar dia.

Akan tetapi, Cak Imin tak membeberkan siapa partai non-parlemen yang dimaksud. Ia hanya memberi kode bahwa partai itu identik dengan warna merah. "Warnanya merah. Merah 'kan PDIP berarti," ujar dia berseloroh.

Adapun PKB dan Gerindra sudah bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Di sisi lain, Golkar bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bermitra dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Lebih jauh, Golkar dan PKB dalam pertemuan ketum antar-kedua parpol di Jakarta, Rabu (3/5) juga sepakat untuk membangun koalisi inti sebagai bentuk tindak lanjut dari wacana pembentukan koalisi besar.

Rekomendasi