Berkat Komunitas yang Suka Healing, Sandiaga Uno Sebut Pariwisata RI Meningkat Tajam

| 09 Nov 2022 06:35
Berkat Komunitas yang Suka Healing, Sandiaga Uno Sebut Pariwisata RI Meningkat Tajam
Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut keberadaan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) berhasil meningkatkan posisi pariwisata Indonesia di mata dunia.

"Posisi pariwisata Indonesia dan ekonomi kreatif terus meningkat tajam. Setelah dibuka kembali (usai pandemi Covid-19) sekarang posisinya naik 12 peringkat dari indeks kepariwisataan," ujar Sandiaga saat membuka Rakornas ke-3 Genpi di Hotel Novotel Solo.

Jika dilihat dari sisi ekonomi kreatif, lanjut Sandiaga, Indonesia menempati tiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Thailand.

"Ini berkat dukungan dari Genpi. Generasi Pesona Indonesia yang suka healing, benerin feeling, sekaligus refreshing tapi enggak pengen kantong kering apalagi kepala pening," kata Sandiaga.

Selain itu, mantan Wagub DKI Jakarta ini juga mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta yang menjadikan Solo bertransformasi menjadi venue event berkelas internasional.

"Ini butuh jemput bola dari masing-masing stakeholder termasuk kepala daerah sampai masyarakat," katanya.

Sandiaga kemudian menambahkan, untuk mengembangkan sektor pariwisata dibutuhkan kerja sama kolosal dengan bermacam pihak.

Dengan begitu nantinya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mampu menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru pada tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

Rekomendasi