Survei CIGMark: Ridwan Kamil Jadi Tokoh Pilihan Masyarakat Jawa Barat untuk Jadi Presiden

| 13 Nov 2022 20:41
Survei CIGMark: Ridwan Kamil Jadi Tokoh Pilihan Masyarakat Jawa Barat untuk Jadi Presiden
Ridwan Kamil (Antara)

ERA.id - Hasil Survei CIGMark menyatakan elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat mengungguli sosok Prabowo dan Anies Baswedan.

Berdasar survei yang dilakukan pada 12-28 September, CEO CIGMark Research and Consulting Panca Pratama mengatakan nama Ridwan Kamil kembali menjadi pilihan masyarakat Jawa Barat untuk menjadi presiden melalui pemilihan presiden dua tahun mendatang.

Dia juga menyatakan bahwa nyaris seratus persen masyarakat Jawa Barat mengenal Ridwan Kamil, persentasenya mencapai 99,2 persen. Angka itu bersaing tipis dengan persentase keterkenalan Prabowo di Jawa Barat sebanyak 96,9 persen.

“Untuk konteks kontestasi pilpres 2024 RK dan PS merupakan sosok yang sudah sangat populer di Jawa Barat,” terang dia.

Namun bila dikulik lebih jauh, dari angka tersebut, level kesukaan terhadap Ridwan Kamil jauh lebih tinggi, jelas dia.

"Sebanyak 97,2 persen masyarakat Jawa Barat menyukai Ridwan Kamil. Sementara persentase kesukaan mereka terhadap Prabowo berada di angka 75,7 persen," tambah dia.

Ketika disuguhi pertanyaan tersebut, masyarakat Jawa Barat menilai Ridwan Kamil pantas menjadi presiden berikutnya. ”RK kemudian diikuti oleh PS dan AB merupakan sosok yang dinilai pantas sebagai presiden RI ke depan,” ujarnya.

Survei ini dilaksanakan pada 12–28 September 2022 dengan menggunakan metodologi Multi Stage Random Sampling (MSRS). Jumlah responden 825 orang yang diwawancarai secara langsung dengan menggunakan kuesioner.

Jumlah Margin Error survei ini sebesar ± 3,48% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Rekomendasi