Survei CIGMark: Pemilih di Jawa Barat Bisa Dongkrak Perolehan Suara Nasional pada Pilpres 2024

| 14 Nov 2022 10:47
Survei CIGMark: Pemilih di Jawa Barat Bisa Dongkrak Perolehan Suara Nasional pada Pilpres 2024
CEO CiGMark Panca Pratama

ERA.id - Lembaga Survei CIGMark menyebut Jawa barat mampu mendongkrak perolehan suara secara nasional pada Pilpres 2024.

Menurut CEO CiGMark Panca Pratama, merujuk pada pemilu 2019 lalu, Jawa Barat sebagai salah satu daerah terluas di Indonesia dengan jumlah penduduk yang luar biasa banyak kerap menjadi rebutan para calon.

"Meski data pasti pemilih pada pemilu serentak 2024 belum keluar, besar kemungkinan Jawa Barat masih menjadi daerah dengan jumlah pemilih terbanyak," jelas Panca Pratama pada Minggu (13/11/2022).

Dia menambahkan hasil survei terbaru yang telah dipaparkan olehnya menunjukkan kecenderungan pemilih di Jawa Barat.

"Mereka masih menjadikan Ridwan Kamil sebagai sosok pilihan. Baik untuk menjadi presiden maupun wakil presiden," jelas dia.

"Jawa Barat sebagai daerah yang seksi untuk kontestan pemilu. Baik pemilu legislatif maupun presiden dan wakil presiden. Bahkan untuk pemilihan gubernur pun Jawa Barat sangat penting. Saat ini, sosok yang menjadi pilihan masyarakat Jawa Barat adalah Ridwan Kamil," tambah dia.

Sebelumnya, hasil Survei CIGMark menyatakan elektabilitas Ridwan Kamil di Jawa Barat mengungguli sosok Prabowo dan Anies Baswedan.

Berdasar survei yang dilakukan pada 12-28 September, CEO CIGMark Research and Consulting Panca Pratama mengatakan nama Ridwan Kamil kembali menjadi pilihan masyarakat Jawa Barat untuk menjadi presiden melalui pemilihan presiden dua tahun mendatang.

Dia juga menyatakan bahwa nyaris seratus persen masyarakat Jawa Barat mengenal Ridwan Kamil, persentasenya mencapai 99,2 persen. Angka itu bersaing tipis dengan persentase keterkenalan Prabowo di Jawa Barat sebanyak 96,9 persen.

“Untuk konteks kontestasi pilpres 2024 RK dan PS merupakan sosok yang sudah sangat populer di Jawa Barat,” terang dia.

Namun bila dikulik lebih jauh, dari angka tersebut, level kesukaan terhadap Ridwan Kamil jauh lebih tinggi, jelas dia.

"Sebanyak 97,2 persen masyarakat Jawa Barat menyukai Ridwan Kamil. Sementara persentase kesukaan mereka terhadap Prabowo berada di angka 75,7 persen," tambah dia.

Rekomendasi