Soal Jokowi Tak Ucapkan Selamat Ultah ke NasDem, PDIP: Bukan Berarti Miskomunikasi

| 14 Nov 2022 12:34
Soal Jokowi Tak Ucapkan Selamat Ultah ke NasDem, PDIP: Bukan Berarti Miskomunikasi
Presiden Jokowi dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh saat makan bareng di Istana Negara (Setkab)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menilai, hubungan antara Presiden Jokowi dengan NasDem baik-baik saja, meski ayah Gibran Rakabuming itu tak memberi selamat ulang tahun kepada NasDem.

"Tidak mengucapkan selamat itu tidak berarti bapak presiden tiba-tiba ada miskomunikasi dengan NasDem," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/11/2022).

Jokowi saat ini tengah disibukan dengan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 di Bali. Sehingga, sangat wajar jika ucapan selamat ulang tahun untuk salah satu partai politik pendukung pemerintahan, luput diucapkan.

Lagipula, dia meyakini akan ada waktunya Jokowi bakal mengucapkan selamat kepada NasDem yang baru saja merayakan hari jadi.

"Dengan bapak presiden yang selama ini selalu meghormati para ketua umum partai, dan para stakeholder dan para politisi kita, itu bukan tipikal presiden tidak mengucapkan apapun," kata Said.

"Pastilah bapak presiden itu pada waktunya nanti (mengucapkan selamat ulang tahun ke Partai NasDem)," imbuhnya.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu lantas menegaskan, supaya publik tak terlalu banyak berspekulasi soal masalah itu.

Dia mengingatkan, kini Indonesia sedang menjadi tuan rumah KTT G20 yang jauh lebih penting untuk kemaslahatan bangsa dan negara.

"Ini kan bukan personal bapak presiden dengan Nasdem dengan Surya Paloh. Bapak presiden kita itu jadi tuan rumah G20, masa ada acara besar yang menyangkut nama baik kita, tiba-tiba dikerdilkan dengan urusan tidak mengucapkan HUT, seakan-akan masalah," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi absen dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Partai NasDem, baik secara fisik pun virtual. Hal itu diketahui saat acara puncak HUT ke-11 Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Acara puncak itu hanya ada sambutan dari bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Partai NasDem, Anies Baswedan dan pidato Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saja. Kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng.

Ditemui usai acara, Surya mengaku memang Jokowi sampai detik ini belum menyampaikan ucapan HUT kepada NasDem, baik melalui rekaman video, maupun secara pribadi kepada dirinya. "Jujur saja, Pak Jokowi belum sempat mengucapkan itu," katanya.

Surya juga tak mau terlalu mempermasalahkan hal tersebut. "Kenapa Pak Jokowi enggak kirim video? Ini kan ultah NasDem? Mau kirim video, itu bagus. Kalau enggak dikirim video, mungkin karena kesibukan," katanya.

"Ya mudah-mudahan ada waktu, tidak akan lama (memberi ucapan selamat ultah untuk NasDem). Kita pahami kesibukan beliau," imbuhnya.

Rekomendasi