Ungkap Isi Pertemuan Megawati-SBY di Gala Dinner KTT G20, Puan: Enggak Ada Soal Politik

| 17 Nov 2022 14:42
Ungkap Isi Pertemuan Megawati-SBY di Gala Dinner KTT G20, Puan: Enggak Ada Soal Politik
Puan Maharani (Dok. DPR)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan isi pertemuan anatra Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dengan Presiden keenam Ri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di sela-sela jamuan makan malam atau gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Seperti diketahui, Megawati dan SBY duduk dalam satu meja yang sama, bahkan kompak memakai batik berwarna biru.

"Enggak ada. Enggak ada hal-hal terkait dengan politik kalau di meja besarnya ya," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, perbincangan yang ada hanya bersifat kekeluargaan. Sebab, bukan hanya Megawati dan SBY saja yang hadir dalam kesempatan itu, tetapi juga ada Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden kesembilan Hamzah Haz, dan Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno.

Puan mengatakan, semuanya hanya saling menyapa dan bertanya kabar masing-masing. Apalagi, sudah dua tahun belakangan ini para mantan pemimpin negara itu tidak saling bertemu lantaran pandemi Covid-19.

"Untuk pembicaraan itu lebih terkait dengan hal-hal yang bersifat kekeluargaan, kan sudah lama tidak bertemu," kata Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu juga mengklaim, pertemuan itu berlangsung sejuk. Seluruhnya memberi dukungann terhadap kepemimpinan Indonesia di G20.

"Alhamdulillah cukup sejuk, dan saya sendiri yang hadir dalam kesempatan itu melihat bahwa mungkin setelah Covid baru pertama kali ini seluruh tokoh bangsa itu bisa berkumpul dalam satu meja untuk sama-sama mendukung G20," kata Puan.

Lebih lanjut, Puan kembali menegaskan tidak mendengar adanya pembicaraan terkait politik, baik saat jamuan makan malam berlangsung maupun setelahnya.

"Saya enggak tahu kalau sendiri-sendiri bicara soal politik, karena saya enggak mendengar pembicaraan tentang politik. Pembicaraannya adalah untuk Indonesia," tegasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan foto yang beredar, Megawati dan SBY terlihat duduk dalam satu meja. Keduanya bahkan kompak mengenakan batik berwarna biru.

Selain Megawati dan SBY, di meja itu juga terlihat Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Wakil Presiden kesembilan Hamza Haz, Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Jamuan makan malam itu juga dihadiri oleh seluruh kepala negara, delegasi, dan pimpinan organisasi internasional yang datang di KTT G20.

Foto tersebut diambil saat para mantan petinggi negara itu menunggu di ruang transit sebelum memasuki area jamuan makan malam. Baik Megawati maupun SBY dan wakil presiden terdahulu itu hadir sebagai bagian dari undangan KTT G20.

Rekomendasi