Hadiri Muktamar Muhammadiyah, Presiden Jokowi Rela Tinggalkan KTT APEC

| 19 Nov 2022 14:15
Hadiri Muktamar Muhammadiyah, Presiden Jokowi Rela Tinggalkan KTT APEC
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam acara Muktamar Muhammadiyah di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (19/11/2022). (Dokumentasi panitia muktamar Muhammadiyah)

ERA.id - Presiden Joko Widodo menghadiri Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah di Stadion Manahan Sabtu (19/11/2022). Ia menyempatkan datang di sela padatnya agenda kenegaraan yang harus dihadiri mantan Wali Kota Solo tersebut.

Hal ini disampaikan Jokowi melalui sambutannya. Harusnya hari ini dirinya masih berada di Bangkok, Thailand untuk menghadiri KTT APEC hingga sore hari. Namun ia bertolak dari Bangkok dan sampai di Solo pukul 11.00 WIB untuk menghadiri Muktamar Muhammadiyah.

"Saya baru sampai di Solo jam sebelas malam. Seharusnya APEC baru selesai sore hari. Tapi ini karena hormat saya dan respek saya pada undangan dari PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah, maka saya pulang mendahului," kata Jokowi melalui sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi berterimakasih pada Muhammadiyah dan Aisyiah. Sebab kedua organisasi ini memiliki peran penting dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia selama tiga tahun terakhir. Ada sebanyak 122 rumah sakit dan 236 klinik kesehatan milik Muhammadiyah yang aktif dalam mengedukasi masyarakat, memberikan pengobatan serta melayani vaksinasi.

"Dan akhirnya kita dapat mengendalikan pandemi Covid-19," katanya.

Sementara itu Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nasyir menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Apalagi selama sepekan terakhir Jokowi memiliki agenda marathon.

"Dan selamat atas keberhasilan memimpin presidensi G20 di tengah geopolitik dunia yang sedang dalam kondisi ketegangan," ucapnya.

Acara Muktamar Muhammadiyah ini dihadiri oleh sederet tokoh kenamaan negeri ini. Selain Jokowi, hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendy, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mantan Presiden RI Jusuf Kalla, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kemudian hadir pula Mantan Ketua Muhammadiyah Din Syamsudin, dan putri Mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid.

Rekomendasi