Pemerintah Bakal Bangun Kembali Infrastruktur yang Terdampak Gempa Cianjur

| 22 Nov 2022 12:51
Pemerintah Bakal Bangun Kembali Infrastruktur yang Terdampak Gempa Cianjur
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lenjen TNI Suharyanto (Dok. BNPB)

ERA.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pemerintah akan terus mendata dan membangun rumah bagi warga terdampak.

Hal itu disampaikaan di sela-sela meninjau lokasi terdampak gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

"Bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat akan diganti oleh pemerintah, begitu tanggap darurat selesai masuk tahap tehabilitasi dan rekonstruksi, setelah itu baru membangun rumah-rumah masyarakat yang rusak berat," kata Suharyanto.

Termasuk juga infrastruktur pendukung lainnya, pemerintah tetap memberikan dukungan penuh.

"Sarana-sarana lain seperti pendidikan, masjid dan madrasah yang rusak, akan dibantu oleh kementerian terkait," lanjutnya.

Untuk mempercepat penanganan bencana, BNPB hari ini menempatkan satu buah helikopter dan dana siap pakai sebesar Rp1,5 miliar serta bantuan logistik senilai 500 juta rupiah.

"Untuk desa terisolir selain membuka jalan dari darat, juga disiapkan satu heli untuk distribusi logistik," tutur Suharyanti.

Hingga saat ini, jumlah korban meninggal dunia mencapai 103 orang, sementara korban luka-luka 390 orang, dan 25 orang masih dilaporkan hilang.

Rekomendasi