Bambang Pacul Sebut Alasan Mengapa Puan Paling Berpeluang Diusung PDIP di Pilpres

| 22 Nov 2022 17:21
Bambang Pacul Sebut Alasan Mengapa Puan Paling Berpeluang Diusung PDIP di Pilpres
Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

ERA.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDI Perjuangan, Bambang Wuryanto membenarkan bahwa partainya sudah mengantongi tiket di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Artinya, tanpa berkoalisi pun, PDIP bisa mengusung sendiri pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Hal itu menanggapi pernyataan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di acara Musyawarah Nasional (Mnas) HIPMI XVII di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11).

"PDIP memang punya tiket untuk itu. Bukan hanya tiket, itu boarding pass," ucap Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Namun, terkait tiket itu untuk siapa, Bambang belum mengetahuinya. Menurutnya, bisa saja Puan yang mendapatkan tiket capres itu.

Puan memang sangat berpeluang diusung sebagai capres, terlebih ketua DPR RI itu adalah putri kandung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Meski begitu, keputusan pastinya masih harus menunggu pengumuman resmi. "Mbak Puan putrinya Bu Mega, mungkin-mungkin saja. Cuma belum diumumkan. Kalau kau tanya kapan, ya lagi-lagi saya enggak tahu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia terang-terangan memuji Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai sosok perempuan dan anak muda yang memiliki karier politik paling moncer.

Pujian itu disampaikan Bahlil saat pidato dalam acara Musyawarah Nasional (Mnas) HIPMI XVII di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). "Mbak Puan ini perempuan, anak muda yang yang punya karier politik yang tidak perlu diragukan," ucap Bahlil.

Dia lantas menyinggung, siapa sosok perempuan dan anak muda yang memiliki karir politik secemerlang Puan. Apalagi, rekam jejak putri bungsu Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri itu tak perlu diragukan.

Selain pernah menjadi anggota DPR RI beberapa periode, Puan juga tercatat pernah menjadi menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (menko PMK), dan saat ini menjabar sebagai ketua DPR RI.

"Ada tokoh wanita di RI yang usia sama dengan mbak Puan, yang pernah berproses di DPR, pernah menjadi Menko PMK, dan menjadi ketua DPR, dan punya partai? Aku mau nanya, siapa?" katanya.

Bahlil lantas menyinggung peluang Puan sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, Puan merupakan salah satu tokoh yang dipastikan sudah punya tiket maju di pilpres mendatang.

"Dan satu-satunya capres yang sudah punya tiket partai hanya mbak Puan," kata Bahlil yang disambut tepuk tangan dan tawa dari peserta Munas HIPMI.

Sambil berkelakar, Bahlil kemudian mengatakan, meskipun Puan sudah punya tiket, namun masih ada kendala yang berkaitan dengan keberanian Puan mendeklarasikan diri sebagai capres 2024.

"Cuma ada masalah. Ciri anak muda itu kan harus punya keberanian. Kita tunggu kapan deklarasinya. Ini ngeri-ngeri sedap ini," katanya.

Rekomendasi