Puan Pertimbangkan Kaesang di Pilgub Jateng, Sekjen PDIP: Hanya Merangkul

| 06 Jul 2024 12:30
Puan Pertimbangkan Kaesang di Pilgub Jateng, Sekjen PDIP: Hanya Merangkul
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. (Era.id/Gabriella Thesa)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkap alasan Ketua DPP PDIP Puan Maharani mempertimbangkan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Pilgub Jawa Tengah. Menurutnya, Puan hanya menunjukan sikap merangkul.

Dia bilang, wajar bila Puan bersikap merangkul. Sebab, selain elite partai politik, Puan juga merupakan ketua DPR.

"Ya Mbak Puan kan tentu saja sebagai sosok yang merangkul, sosok yang memimpin seluruh fraksi dan anggota DPR RI, ya tentu saja memiliki suatu sikap yang membangun persatuan," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, dikutip Sabtu (6/7/2024).

Meski begitu, terkait Pilgub Jateng 2024, seluruh usulan nama-nama untuk diusung sebagai bakal calon gubernur maupun bakal calon wakil gubernur akan ditampung.

Terkait siapa yang akan diusung pada akhirnya, sepenuhnya merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Di partai, seluruh elemen-elemen, DPP, memberikan masukan-masukan dan kemudian akan diolah dan kemudian akhirnya ibu ketua umum yang nantinya akan mengambil keputusan," kata Hasto.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengklaim, partainya mempertimbangkan mengusung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024. Hal itu merespons hasil survei elektabilitas Kaesang yang melejit.

"Iya dong, jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/7).

Dia bahkan memuji elektabilitas putra bungsu Presiden Joko Widodo yang berada di papan atas.

Ketua DPR itu juga tak mempermasalahkan elektabilitas Kaesang lebih unggul daripada Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Adapun Bambang Pacul cukup digadang-gadang bakal dimajukan pada Pilkada Jateng 2024.

"Enggak apa-apa (elektabilitas Kaesang ungguli Bambang Pacul). Bagus Kaesang," ucap Puan.

Rekomendasi