Dampak Gempa Bumi Cianjur, Puluhan Rumah di Bogor Rusak Berat

| 22 Nov 2022 19:43
Dampak Gempa Bumi Cianjur, Puluhan Rumah di Bogor Rusak Berat
Rumah di Cianjur yang mengalami rusak akibat gempa (Ilham/Era)

ERA.id - Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat juga menyebabkan puluhan rumah di Kabupaten Bogor rusak. Seperti Kecamatan Cisarua dan Caringin.

Sebagai salah satu kecamatan yang paling dekat dengan Cianjur, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Cisarua mencatat belasan rumah rusak tersebut dengan kondisi ringan dan rusak berat.

"Sejauh ini kami catat ada 8 rumah rusak berat dan 5 rumah rusak ringan. Ini masih terus kami inventarisir," ujar Camat Cisarua, Ivan Pramudia kepada wartawan, Selasa (22/11/22).

Akibat kerusakan itu, warga pun diungsikan sementara ke rumah yang tak jauh dari tempat tinggalnya.

"Untuk mereka para korban yang rumahnya rusak saat ini diungsikan ke tentangganya terlebih dahulu yang tidak terdampak," kata Ivan.

Tak hanya Kecamatan Cisarua, di wilayah Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor juga tercatat rumah rusak akibat gempa bumi tersebut.

Dari informasi yang didapat, ada 25 rumah warga yang rusak. Puluhan rumah itu tersebar di tujuh desa di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

"Iya, ada sebanyak 25 rumah yang rusak akibat gempa. Sementara tercatat rusak ringan," kata Camat Caringin, Endri Rismawan.

Pihaknya mencatat, dari tujuh desa yang terdampak, ada 12 keluarga di Desa Pancawati, satu keluarga di Desa Cimande Hilir, tiga di Desa Tangkil, satu di Desa Ciherang Pondok, lima di Desa Ciderum, dua di Desa Cimande dan satu di Desa Cinagara.

“Semuanya rusak ringan hanya retak retak, dan alhamdulillah sebagian bantuan dari BPBD kabupaten Bogor sudah kami salurkan,” beber Endri.

Pihaknya pun sudah melaporkan kepada pihak Dinas sosial dan BPBD Kabupaten Bogor terkait rumah warga yang Terdampak Gempa Cianjur tersebut.

"Semuanya sudah kami laporkan dan bantuan tanggap darurat sudah datang sebagian sudah kami salurkan," jelas Endri.

Rekomendasi