Jelang Pemilu 2024, Calon Panglima TNI Yudo: Prajurit Harus Netral

| 02 Dec 2022 20:55
Jelang Pemilu 2024, Calon Panglima TNI Yudo: Prajurit Harus Netral
Andika Perkasa dan Yudo Margono (Antara)

ERA.id - Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan pihaknya terus mengedepankan netralitas di tengah tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan usai menjalani uji kelayakan dan kepatutuan di Komisi I DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

"Netralitas TNI sudah saya sebutkan, kita tetap netral dalam pemilu," kata Yudo.

Kepala Staf Angkatan Luat (KSAL) itu menambahkan, nantinya dia akan melakukan sosialisasi kepada para prajurit TNI terkait netralitas pasukan saat Pemilu 2024.

"Sehingga, kita sudah tekankan ke prajurit, kita sosialisasikan ke semua agar netral," tegasnya.

Dalam paparan visi misi saat uji kelayakan dan kepatutan, Yudo menyinggung sejumlah situasi srtategis global dan nasional.

Untuk tingkat nasional, Yudo menyebut, kondisi keamanan cukup stabil. Meski begitu, terdapat beberapa isu yang cukup menonjol seperti pembangunan ibu kota negara (IKN) hingga tahun politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Secara umum, kondisi keamanan Indonesia cukup stabil, meskipun masih diwarnai oleh beberapa isu menonjol," kata Yudo.

"Mulai dari gangguan keamanan di daerah tertentu, rencana pembangunan ibu kota negara baru, dinamika politik menjelang pesta demokrasi 2024, kenaikan harga BBM dan kebutuhan bahan pokok, serta percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional," paparnya.

Rekomendasi