Yudo Margono: Saya Yakin Agus Subianto Mampu Pimpin TNI

| 02 Nov 2023 16:11
Yudo Margono: Saya Yakin Agus Subianto Mampu Pimpin TNI
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. (Antara)

ERA.id - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meyakini penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima sudah memenuhi syarat dan dapat membawa TNI menjadi lebih tangguh.

Yudo pun menambahkan pengganti dirinya itu mampu memimpin para kepala staf TNI dari tiga matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, serta menjalin sinergi baik dengan Polri.

"Saya yakin beliau mampu untuk memimpin TNI. Tentunya, nanti (TNI) bersinergi dengan Polri dan juga bisa bersama-sama kepala staf yang lain untuk membawa TNI yang lebih baik, lebih profesional, modern, tangguh," kata Yudo usai menutup Pendidikan Reguler ke-51 Sesko TNI TA 2023 di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/11/2023).

Yudo menilai Agus memenuhi syarat untuk menjadi panglima TNI. Dia akan berkomunikasi dan menyerahkan segala bentuk tugas hingga kebijakan yang harus dilanjutkan sebagai panglima ke depan.

"Ya, saya kira sudah memenuhi syarat. Syaratnya sudah harus kepala Staf TNI Angkatan Darat (kasad). Pak Agus Subiyanto baik. Saya yakin nanti akan serahkan apa-apa yang sudah dilakukan kebijakan saya," jelasnya.

Lebih lanjut, Yudo menyebut ada sejumlah hal yang harus dikerjakan oleh panglima TNI, terutama berkaitan dengan pengamanan Pemilu Serentak 2024. Selain itu, operasi dan latihan prajurit TNI juga harus terus dijalankan dengan baik.

"Dalam perencanaan kegiatan sudah ada semuanya, yang kami susun di tahun 2023 ini, dan nantinya di tahun 2024 apa saja, tentunya Pemilu," tambah Yudo.

Untuk menjadi seorang panglima TNI, kata Yudo, seorang prajurit harus siap menghadapi berbagai dinamika yang pasti terjadi di lapangan.

"Tentunya, di dalam perjalanan kan tidak stagnan gitu aja, pasti ada dinamika. Di situlah nanti beliau (Agus) akan melaksanakan sesuai dinamika yang ada," ujar Yudo.

Sebelumnya, Selasa (31/10), DPR RI telah menerima surat presiden (surpes) tentang penunjukan Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang pensiun per tanggal 26 November 2023.

Agus Subiyanto sendiri baru saja dilantik menjadi kasad pada Rabu (25/10) menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang purnabakti per tanggal 19 November 2023. (Ant)

Rekomendasi