Dukungan Erick Thohir Dinilai Bisa Bantu UMKM Redam Dampak Resesi

| 07 Dec 2022 12:58
Dukungan Erick Thohir Dinilai Bisa Bantu UMKM Redam Dampak Resesi
Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Salah satu pendiri Paguyuban PKL Bogor Raya Teddy Risandi menilai Menteri BUMN Erick Thohir ikut berkontribusi membantu UMKM meredam dampak resesi.

Sejumlah langkah, kata dia, telah dilakukan Erick Thohir.

"3 langkah tersebut adalah Pertama Pembangunan dan Pengembangan infrastruktur digital yg merata diseluruh Indonesia,Langkah kedua BUMN Fokus pada pengembangan dan pertumbuhan masyarakat digital Indonesia dan Langkah ketiga Fokus pada akselerasi ekosistem ekonomi digital," jelas Teddy dalam keterangan resminya.

Hal tersebut menurut Teddy sudah berjalan melalui program Pasar Digital (PaDil) UMKM yg telah menjembatani pelaku UMKM masuk ke dalam ekosistem pengadaan di lingkungan Kementerian dan Perusahaan Milik Negara.

"Sebagai Contoh,sampai Juni 2022 ada Total Transaksi bersama 12.960 UMKM sebesar Rp18 Triliun," kata dia.

Dia menambahkan peran BUMN untuk menjadi perusahaan yang profesional agar bisa memberikan dividen kepada negara. Namun peran lain BUMN adalah memberikan layanan dan mensejahterakan masyarakat, ungkap Teddy.

"Kemitraan BUMN dengan UMKM menurut Teddy bisa melalui program CSR maupun keberpihakan,BUMN dapat masuk ke UMKM dengan pola Kemitraan," jelas dia.

Teddy mengatakan kemitraan BUMN dan UMKM yg digagas Menteri Erick Thohir ini dipercaya akan membuat ketahanan ekonomi semakin kuat ditengah ketidakpastian global.

Teddy juga mengapresiasi rencana Menteri Erick Thohir yg akan mendorong industri kreatif.

Teddy juga yakin kepedulian Menteri Erick Thohir Terhadap UMKM akan mampu membuat seluruh pelaku UMKM naik kelas dan mampu masuk ke dalam transformasi digital dan teknologi.

Rekomendasi