Ledakan Tambang di Sawahlunto Sumbar, Polisi Kesulitan Evakuasi Pekerja yang Tertimbun

| 09 Dec 2022 14:55
Ledakan Tambang di Sawahlunto Sumbar, Polisi Kesulitan Evakuasi Pekerja yang Tertimbun
Tangkapan layar momen penambang dievakuasi dari lokasi tambang yang meledak (Tangkapan layar)

ERA.id - Tim gabungan masih melakukan pencarian ke para pekerja yang tertimbun longsoran akibat ledakan di dalam tambang batu bara di kawasan Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (09/12/2022).

Ledakan di tambang batu bara ini diketahui ketika Ketua Teknik Tambang (KTT) PT NAL, Dian Firdaus, melihat kepulan asap.

"Sekitar pukul 09.00 WIB pada saat para pekerja lubang memulai aktivitas penambangan tambang dalam, (ledakan ini awalnya) diketahui oleh KTT PT NAL atas nama Dian Firdaus, (saat dia melihat) lubang mengeluarkan kepulan asap dan diiringi letupan kecil dari dalam lubang tambang," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Jumat (09/12/2022).

Dedi menambahkan Dian Firdaus langsung memerintahkan kepala lubang untuk melakukan pengecekan ke dalam pertambangan. Saat dilakukan pengecekan, didapati sejumlah pekerja tertimbun.

Pengelola segera menghubungi aparatur setempat untuk meminta bantuan proses evakuasi. Polisi pun tiba dan diketahui, ada 15 pekerja yang tertimbun di dalam tambang batu bara tersebut.

"Diketahui terdapat 15 orang dari pekerja lubang dalam, yang berhasil keluar dari dalam lubang 9 org (yakni) 5 luka-luka, 4 orang meninggal dunia. 6 (pekerja) masih di evakuasi atau masih dalam lubang," ucap Dedi.

Lebih lanjut, Dedi mengatakan belum diketahui mengapa bisa terjadi ledakan di pertambangan itu. Dia mengatakan fokus saat ini adalah mengevakuasi para korban.

"Diperkirakan para pekerja lubang tambang yang masih terkurung di dalam lubang berada pada kedalaman kurang lebih 200 meter, yang belum diketahui kondisi para pekerja tersebut," ungkapnya.

Jenderal bintang dua ini menerangkan tim rescue sedikit mengalami kendala untuk mengevakuasi korban karena di dalam pertambangan tersebut, terdapat gas metan dan reruntuhan.

"Diketahui kondisi lubang terdapat kandungan gas metan, disamping itu terdapat beberapa reruntuhan akibat dari letupan kecil lubang tambang," ungkapnya.

Rekomendasi