Anies Dituduh Curi Start Kampanye, Ahmad Ali NasDem: Aturan KPU Berlaku Saat Tahapan Dilaksanakan

| 12 Dec 2022 11:36
Anies Dituduh Curi Start Kampanye, Ahmad Ali NasDem: Aturan KPU Berlaku Saat Tahapan Dilaksanakan
Anies Baswedan dan Ahmad Ali saat berada di Pangkep, Sulawesi Selatan.

ERA.id - Bakal calon presiden dari NasDem, Anies Rasyid Baswedan mengatakan sinyal koalisi dengan PKS dan Demokrat masih berpeluang terbuka untuk menghadapi Pemilu Presiden 14 Februari 2024.

"Kami selalu mengadakan silaturahmi, dengan pimpinan wilayah, daerah Partai NasDem, Demokrat dan PKS juga itu akan kami lakukan," ujar Anies saat berada di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu silam.

"Kita berharap yang dibangun ini bukan hanya untuk eksekutif tapi juga legislatif, karena bagaimana pun juga ikhtiar perjuangan ini bersama eksekutif dan legislatif," tutur mantan Menteri Pendidikan di era pemerintahan pertama Presiden Joko Widodo ini.

Ssoal safari politik di berbagai daerah, hingga dituding curi start lkampanye di luar jadwal penyelenggara pemilu, kata dia, belum masuk jadwal dan di undang-undang ada hak warga negara berpendapat.

"Setiap warga negara berhak untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat kapan saja di mana saja. Karena ini negeri demokrasi, kebebasan berpendapat, berserikat dilindungi undang-undang," ucapnya.

Wakil Ketua DPP NasDem Ahmad Ali pada Rapat Akbar itu memaparkan, dalam perjalanan politik meski banyak perdebatan, salah tafsir hingga menuding Anies Baswedan telah curi start, kampanye lebih awal, namun kata dia, itu bukan pelanggaran.

"Anies belum menjadi calon presiden, belum mendaftar di KPU. Aturan KPU berlaku ketika tahapan sudah dilaksanakan. Hari ini, konsolidasi Partai NasDem sebagai bentuk mengawal keputusan Ketua Umum (Surya Paloh) menetapkan Anies dari Partai NasDem," katanya.

Anies sendiri sempat membawakan kuliah umum di Kampus Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, kemudian santap siang dirangkaikan silaturahmi bersama Forum Dosen di lokasi empang milik mantan Menteri Pertanian sekaligus Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman.

Usai menyerap aspirasi dari para dosen, Anies menuju gedung CCC untuk menghadiri Rapat Akbar dan Silaturahmi Partai NasDem Sulsel bersama kader, simpatisan partai dan mengukuhkan puluhan relawannya. Selanjutnya bergerak ke Masjid Al Markaz Al Islami untuk melaksanakan salat Magrib.

Kemudian menghadiri makan malam bersama tokoh masyarakat dan pemuka agama. Rencananya, Anies juga akan menghadiri jalan santai bersama masyarakat di Kabupaten Pangkep pada Minggu (11/12/2022) pagi.

Rekomendasi