Tok! DPR RI Sahkan Laksamana Yudo Margono Sebagai Panglima TNI

| 13 Dec 2022 10:26
Tok! DPR RI Sahkan Laksamana Yudo Margono Sebagai Panglima TNI
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono (Antara)

ERA.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI. Artinya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu tinggal selangkah lagi menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pekan depan.

Persetujuan itu diambil dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Sebelum disahkan, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid terlebih dahulu memaparkan hasil fit and proper test yang berlangsung selama tiga jam hingga verifikasi faktual yang digelar komisinya.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI," kata Meutya.

Selain itu, Komisi I DPR RI juga menyetujui pemberhentian Jenderal Andika Perkasa dari jabatan Panglima TNI. Pemberhentian dengan hormat tersebut diiringi apresiasi atas dedikasi, kesungguhan, profesionalisme, dan kecakapan Andika dalam memimpin TNI.

DPR RI sahkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI (Gabriella/ERA.id)

Kemudian, Ketua DPR RI Puan Maharani selaku pimpinan Rapat Paripurna, meminta persetujuan seluruh anggota dewan yang hadir terkait hasil laporan dari Komisi I DPR RI.

"Apakah laporan komisi I atas uji kelayakan fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa dari jabatannya sebagai Panglima TNI dan persetujuan untuk menetapkan pengangkatan Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui?" tanya Puan.

"Setuju," jawab anggota dewan yang menghadiri Rapat Paripurna.

Setelah itu, pimpinan DPR RI mengucapkan selamat kepada Yudo dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Andika nampak mengenakan baju dinas kemiliteran, dan didampingi sejumlah petinggi TNI Angkatan Laut (AL).

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo telah mengirimkan Surat Presiden (Surpres) yang berisi calon tunggal Panglima TNI atas nama Laksamana Yudo Margono. Surpres diantar langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Pimpinan DPR RI pada Senin (28/11).

Menindaklanjuti Surpres tersebut, Komisi I DPR RI kemudian menggelar verifikasi administrasi, dilanjutkan dengan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pada Jumat (2/12).

Di hari yang sama, DPR RI juga melakukan verifikasi faktual di Rumah Jabatah KSAL, Jalan Diponegara, Menteng, Jakarta Pusat.

Adapun Rapat Paripurna DPR RI dengan agenda persetujuan pengangkatan panglima TNI digelar menjelang masa reses pada 16 Desember 2022.

Setelah ini, DPR RI akan mengirimkan hasil rapat paripurna ke Istana Kepresidenan untuk ditindaklanjuti dengan pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo.

Yudo bakal menggantikan Andika yang akan memaski masa pensiun pada 21 Desember 2022. 

DPR RI sahkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI (Gabriella/ERA.id)
Rekomendasi