Menag Yaqut: Kapasitas Gereja saat Natal Boleh Diisi 100 Persen, Tapi Tak Boleh Dirikan Tenda Tambahan

| 16 Dec 2022 16:43
Menag Yaqut: Kapasitas Gereja saat Natal Boleh Diisi 100 Persen, Tapi Tak Boleh Dirikan Tenda Tambahan
Ilustrasi perayaan Natal (Antara)

ERA.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan kapasitas tempat ibadah saat Natal 2022 tidak dibatasi atau boleh terisi 100 persen.

"Secara singkat saja saya sampaikan. pelaksanaan ibadah juga tidak ada pembatasan. karena menurut instruksi Kemendagri PPKM sudah level satu semua. artinya sudah dilakukan kebebasan-kebebasan yang terukur," kata Yaqut kepada wartawan usai digelar rapat koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Namun, Yaqut menambahkan masyarakat tidak boleh memasang tenda-tenda tambahan di gereja. Sebab, sambungnya, kapasitas maksimal yang diizinkan adalah 100 persen atau tidak boleh lebih dari itu.

"Untuk tempat ibadah kita batasi maksimal 100 persen. Artinya tidak boleh ada tempat ibadah yang melaksanakan ibadah Natal nanti membuat tenda-tenda diluar untuk peribadatan," ucapnya.

Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan konser musik serta event-event budaya, olahraga, dan yang lainnya, diperbolehkan saat libur panjang Natal dan tahun baru 2023 ini. Asalkan, sambungnya, mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

"Prinsipnya karena event ini atas arahan presiden menggerakkan ekonomi, oleh karena itu pada akhir tahun event akan kami fasilitasi dan telah dibentuk tim khusus untuk memastikan baik dari perizinan, crowd people, early warning system, sampai dengan jalur evakuasi ini terkoordinasi dengan baik," kata Sandiaga Uno.

Rekomendasi