Panglima TNI Yudo Margono Prioritaskan Kunjungi Papua hingga Natuna

| 20 Dec 2022 16:03
Panglima TNI Yudo Margono Prioritaskan Kunjungi Papua hingga Natuna
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Ilham Apriyanto/ERA.id)

ERA.id - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memprioritaskan mengunjungi daerah rawan strategis di awal kepemimpinannya, seperti Papua, laut Natuna, hingga Aceh.

Kata Yudo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2022), semua daerah akan dikunjungi, namun dia memang memprioritaskan datang ke daerah rawan strategis.

"Bukan semuanya terus enggak dikunjungi, enggak. Prioritasnya karena memang sekarang ini jadi perhatian kita semuanya untuk daerah kerawanan strategis tadi," katanya.

Sebelumnya, setelah resmi dilantik sebagai panglima TNI, Yudo mengaku akan datang ke Papua untuk mengevaluasi soal pengurangan prajurit di Bumi Cendrawasih. Makanya dia perlu melihat langsung kondisi di sana.

Hasil evaluasi itu, nantinya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. "Kita evaluasi dulu, baru saya laporkan Pak Presiden situasi yang ada. Nanti saya pada kesempatan pertama akan datang ke sana bersama staf angkatan untuk melihat secara nyata apa sih yang sebenarnya terjadi di sana," kata Yudo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/12) kemarin.

Dia akan meminta masukan dari para prajurit TNI yang ada di Papua, pemerintah daerah, masyarakat, dan tokoh agama setempat. Setelah itu, barulah Yudo memutuskan strategi pengamanan di Papua.

"Tentunya kan perlu pendekatan yang di lapangan ini apa yang ada di sana. Jadi enggak harus belum-belum sudah diputuskan," ucapnya.

Rekomendasi