107 Penumpang Sudah Menyeberang Melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni di H-6 Nataru

| 21 Dec 2022 10:25
107 Penumpang Sudah Menyeberang Melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni di H-6 Nataru
Suasana kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. (ASDP)

ERA.id - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, 107 ribu penumpang dan 23 ribu unit kendaraan menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten ke Bakauheni, Lampung pada H-6 libur natal dan tahun baru. Sebaliknya, total ada 108 ribu penumpang dan 38 ribu kendaraan telah menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin mengatakan, terjadi perubahan tren animo pergerakan penumpang saat periode libur natal dan tahun baru pada tahun ini. Dimana, trafik dari Pelabuhan Bakauheni lebih tinggi dari Pelabuhan Merak.

"Kita lihat ada perubahan animo pergerakan masyarakat. Biasanya arus berangkat mengalami kenaikan dari Merak ke Bakauheni, saat ini terjadi sebaliknya. Kami prediksi, trafik penumpang dan kendaraan masih akan meningkat jelang Natal dan Tahun Baru karena animo perjalanan liburan akhir tahun yang  berbarengan dengan masa libur anak sekolah," ucapnya, Rabu (21/12/2022).

Shelvy menuturkan, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan saat periode Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

"Sarana dan prasarana penyeberangan di Merak-Bakauheni telah siap, dimana berdasarkan hasil ramp cek tercatat ada 62 kapal dan 7 dermaga siap beroperasi melayani Natal dan Tahun Baru," katanya.

Jika kondisi operasi berjalan normal maka pola pengoperasian kapal akan dilakukan sesuai jadwal. Namun, jika kondisi berlangsung padat, maka akan dilakukan opsi penambahan jadwal operasi kapal oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) selaku regulator, lalu penambahan trip, dan kuota.

"Sedangkan, jika operasi sangat padat, maka pola yang diterapkan adalah akan dilakukan percepatan layanan bongkar muat kapal (port time), penambahan kuota, dan alternatif pelabuhan perbantuan," jelasnya.

Shelvy menambahkan, pihaknya juga menerapkan skrining penumpang dengan memberikan stiker di beberapa lokasi, sebagai penanda bagi kendaraan yang sudah memiliki tiket dan tiba sesuai jam layanan untuk selanjutnya diarahkan menuju pelabuhan.

"Pos skrining akan diimplementasikan di sejumlah titik menuju pelabuhan, yakni untuk Merak akan berada di Rest Area Tol Tangerang-Merak KM 43 dan KM 68, exit Tol Merak, Cikuasa Atas, Cikuasa Bawah, dan Pos Gerem," katanya.

Sedangkan, lanjut Shelvy, untuk di Pelabuhan Bakauheni, pos skrining akan tersebar di Rest Area KM 87B, KM 67B, KM 49B, KM 33B, KM 20B dan jalur arteri. Sementara, untuk di Pelabuhan Ketapang, berada di Terminal Bus Sritanjung, dan di Gilimanuk akan berada di terminal cargo Cekik.

"Di setiap pos skrining yang berada di rest area jalan tol dan arteri, ASDP menyiapkan booth edukasi dan petugas yang akan memeriksa dan memastikan calon penumpang sudah membeli tiket melalui Ferizy. Setelah dipastikan oleh petugas eligible, maka pengguna jasa dapat diarahkan menuju pelabuhan," ungkapnya.

Menurut Shelvy, puncak arus libur Natal 2022 diperkirakan terjadi pada Jumat (23/12/2022) atau H-2 dan Sabtu (24/12/2022) atau H-1.

"Kami harapkan seluruh penguna jasa di Sumatra, Jawa dan Bali untuk mempersiapkan diri dan membeli tiket maksimal H-1 sebelum tiba di pelabuhan. Sehingga dapat meminimalkan mengalami antrian saat puncak arus berangkat atau pulang," jelasnya.

Rekomendasi