Jokowi Berencana Hentikan PPKM, Keputusannya Segera Diumumkan

| 21 Dec 2022 13:00
Jokowi Berencana Hentikan PPKM, Keputusannya Segera Diumumkan
Presiden Jokowi (Setkab)

ERA.id - Presiden Jokowi berencana menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Keputusan itu kini masih menunggu kajian dan kalkulasi dari para menterinya. "PSBB, PPKM itu saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari pak menko maupun dari Kementerian Kesehatan," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Dia menargetkan para menterinya menyelesaikan kajian terkait pandemi Covid-19 dan pencabutan kebijakan PPKM paling lambat pada pekan ini.

"Saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai di meja saya," ucapnya.

Setelah adanya kajian dan kalkulasi dari para menterinya, selanjutnya Jokowi akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait penghentian PPKM. "Sehingga bisa saya siapkan nanti keputusan presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM," katanya.

Jokowi menargetkan, keppres terkait penghentian PPKM bisa diterbitkan secepatnya. "Kita harapkan segera, sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini," ujarnya.

Sebelumnya, dalam agenda Outlook Perekonomian Indonesia 2023, mantan gubernur DKI Jakarta itu sempat sedikit menyinggung soal kebijakan PPKM.

Katanya dengan munculnya subvarian Covid-19, Indonesia terhitung cukup mampu mengendalikan pandemi. Sehingga terbuka peluang PPKM akan dihentikan. "Kemarin kasus harian kita berada di angka 1.200 dan mungkin akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB-PPKM," ucapnya.

Rekomendasi