Menteri PANRB Azwar Anas Minta Masyarakat Waspadai Calo Pendaftaran PPPK Tenaga Teknis 2022

| 21 Dec 2022 20:08
Menteri PANRB Azwar Anas Minta Masyarakat Waspadai Calo Pendaftaran PPPK Tenaga Teknis 2022
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar (Kementerian PANRB)

ERA.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, bahwa pemerintah telah membuka pendaftaran Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga teknis tahun 2022, mulai dari 21 Desember hingga 6 Januari 2023.  

Untuk itu, ia mengingatkan agar pelamar mempersiapkan diri dengan baik dan tidak mempercayai siapapun yang menjamin kelulusan. 

"Peserta harus mencermati syarat masing-masing formasi," kata Azwar Anas di Jakarta, rabu (21/12/2022). 

Ia menjelaskan, informasi resmi mengenai seleksi ini hanya diumumkan melalui portal resmi instansi berwenang. 

"Peserta diharapkan hati-hati terhadap berita bohong atau hoaks yang mudah beredar tanpa bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Anas mengingatkan agar tidak mudah tergoda dengan para calo yang menjanjikan kelulusan menjadi ASN. 

Seluruh proses rekrutmen yang sudah terkomputerisasi dilakukan pemerintah untuk menjaga keadilan dan kesempatan yang sama bagi target rekrutmen.

“Jadi tidak ada pihak manapun yang bisa memberikan kelulusan, apalagi sampai meminta imbalan. Siapa pun yang mengiming-imingi janji proses jalur cepat, jalur khusus atau apapun namanya, mohon segera dilaporkan kepada kami agar bisa kita tindak dengan tegas,” tandas Anas

Tahun ini, pemerintah menetapkan 518.040 formasi PPPK, yang terdiri atas 93.197 formasi di tingkat pusat dan 424.843 formasi di daerah. Untuk formasi di daerah, terdiri atas 319.029 PPPK guru, 80.049 PPPK tenaga kesehatan, dan 25.765 PPPK tenaga teknis.

Rekomendasi