Puluhan Imigran Rohingya Kembali Masuk Indonesia Melalui Perairan Aceh

| 25 Dec 2022 21:00
Puluhan Imigran Rohingya Kembali Masuk Indonesia Melalui Perairan Aceh
57 imigran Rohingya tiba di pesisir Desa Ladong, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Minggu (25/12/2022). (Ilham/ERA.id).

ERA.id - Puluhan imigran Rohingya kembali masuk ke Indonesia melalui Provinsi Aceh, tepatnya di pesisir Desa Ladong, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (25/12/2022).

Hasil penyelidikan pihak kepolisian Polda Aceh, puluhan imigran Rohingya tersebut berjumlah 57 orang. Mereka masuk melalui jalur air dengan menumpangi kapal FB Tarikul Islam 2.

"Kapal yang berisikan 57 warga Myanmar atau imigran Rohingya tersebut mengalami rusak mesin, sehingga terdampar akibat terbawa angin ke pesisir Desa Ladong, Aceh Besar," terang Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy.

Winardy mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan, kapal yang ditumpangi imigran Rohingya tersebut mengalami kebocoran pada lambung kanan. Keterangan ini, kata Winardy, diungkapkan salah satu penumpang setelah pihaknya memintai keterangan.

"Mereka terpaksa mendarat dan beristirahat di Ladong karena lambung kapalnya bocor dan makanan habis, sambil menunggu arahan dari pihak imigrasi Kota Banda Aceh," ujarnya.

Hasil pemeriksaan juga mendapati empat orang diantaranya dalam keadaan sakit. Sementara ini, petugas akan mengevakuasi seluruh imigran Rohingya tersebut ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Aceh Besar.

"Sementara ini akan kita arahkan ke Dinsos Aceh Besar. Namun, kami akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait lintas sektoral untuk mengatasi masalah ini," pungkas Winardy.

Rekomendasi