Tahun 2023, Megawati Bakal Umumkan Capres yang Diusung PDIP, Siapa yah?

| 30 Dec 2022 14:08
Tahun 2023, Megawati Bakal Umumkan Capres yang Diusung PDIP, Siapa yah?
Megawati Soekarnoputri (Antara)

ERA.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membocorkan rencana besar partainya terkait dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan segera mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. Pengumuman dipastikan disampaikan di tahun depan.

"Ibu Mega telah memutuskan untuk rencana mengumumkan calon presiden pada tahun 2023. Jadi itu bocoran yang bisa saya sampaikan, baha capres dari PDI Perjuangan bocornanya akan diumumkan pada tahun 2023," kata Hasto dalam konferensi pers daring bertajuk 'Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Harapan Menuju Tahun 2023', Jumat (30/12/2022).

Namun, Hasto tak mengungkapkan secara detail kapan pastinya Megawati akan mengumumkan capres yang akan diusung PDIP.

Dia hanya mengatakan bahwa PDIP akan menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 partainya di Kemayoran, Jakarta pada awal Januari 2023.

"Tahun 2023 merupakan tahun Politik. Pada tanggal 10 Januari 2023, PDI Perjuangan akan menggelar HUT Partai ke-50 di Kemayoran," ucapnya.

Terkait siapa sosok yang akan diusung, Hasto juga memilih tak banyak bicara. Menurutnya, siapapun nantinya yang akan diusung sudah bisa dipastikan akan melanjutkan kepemimpinan Presiden RI pertama Soekarno, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ketujuh Joko Widodo.

"Bocoran kedua, calon (presiden) yang diputuskan tentu saja yang mampu melanjutkan nafas kepemimpinan perjuangan Bung Karno, Ibu Mega, dan Pak Jokowi," ucapnya.

Selain itu, sosok yang akan diusung PDIP sebagai capres 2024 dipastikan sudah dipersiapkan secara matang untuk menjadi seorang pemimpin.

"Calon tersebut telah dipersiapkan secara matang untuk mampu menjadi seorang pemimpin yang dapat memikul tanggung jawab bagi masa depan," tegasnya.

Lebih lanjut, Hasto menegaskan bahwa PDIP sudah siap mengikuti seluruh tahapan Pemilu 2024 untuk meraih kemenangan secara tiga kali berturut-turut.

Menurutnya, konsolidasi partai terus dilakukan, dan semakin hari elektabilitas partai kian meningkat dengan persiapan matang, sehingga di momentum yang tepat, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon presiden yang akan diusung partainya pada tahun 2023.

"Konsolidasi yang dilakukan secara menyeluruh serta tingginya elektabilitas partai dan persiapan yang matang akan memperkuat optimisme partai," pungkasnya.

Rekomendasi