Kapolri dan Panglima TNI Pastikan Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Indonesia Aman dan Kondusif

| 01 Jan 2023 01:04
Kapolri dan Panglima TNI Pastikan Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Indonesia Aman dan Kondusif
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memantau situasi pergantian tahun (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memantau situasi pergantian tahun di sejumlah kota di Indonesia secara virtual, di Polda Metro Jaya pada Sabtu (31/12/2022) malam.

Usai memantau situasi, Listyo memastikan perayaan malam tahun baru 2023 di Indonesia berjalan dengan baik.

"Secara umum tadi dilaporkan, dari wilayah yang ada di wilayah Indonesia Barat, kemudian Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur secara umum baik," kata Listyo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Sabtu (31/12/2022).

Untuk perayaan malam tahun baru di Papua, mantan Kabareskrim Polri ini juga memastikan berjalan dengan aman dan kondusif meski Jumat (30/12) kemarin malam dan Sabtu pagi tadi, ada serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

"Kemudian untuk di wilayah Papua secara umum tadi dilaporkan terkendali. Walaupun kemarin sempat ada peristiwa serangan dari KKB, namun kemudian semuanya bisa diatasi dan malam ini dilaporkan semuanya terkendali," ucapnya.

Terkait bencana longsor di Sulawesi Selatan (Sulsel), jenderal bintang empat ini mengatakan bantuan belum diberikan secara khusus. Bantuan belum diberikan secara menyeluruh karena kondisi cuaca. Dia pun meminta jajarannya agar tetap waspada dan mengevakuasi korban yang terdampak bencana.

Panglima TNI menambahkan dirinya meminta seluruh jajarannya untuk terus mem-back up pengamanan di malam perayaan tahun baru 2023. Senada dengan Listyo, Yudo menyebut perayaan pergantian tahun di Indonesia berjalan dengan aman dan kondusif.

"Dan tentunya tadi kita tanya tentang situasi wilayah khusunya cuaca, memang saat ini hampir semua wilayah khususnya di laut terjadi gelombang tinggi. Sehingga tadi kita sampaikan kepada jajaran supaya tetap siaga, siaga SAR, siaga tanggap darurat, untuk mengantisipasi segala sesuatu yang terjadi," ujar Yudo.

Rekomendasi