Ada Peluang Megawati Bakal Umumkan Capres 2024 saat HUT PDIP, Pilih Ganjar atau Puan?

| 02 Jan 2023 18:53
Ada Peluang Megawati Bakal Umumkan Capres 2024 saat HUT PDIP, Pilih Ganjar atau Puan?
Megawati Soekarnoputri (Antara)

ERA.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 partainya bisa jadi momentum bagi Megawati Soekarnoputri mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, peluang itu sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi.

"Meski kemungkinan itu ada, tapi rasanya kecil ya (Megawati bakal umumkan capres 2024 saat HUT PDIP)," kata Bambang kepada wartawan, Senin (2/1/2023).

Bambang menjelaskan, tidak mudah menebak isi pikiran Megawati. Berdasarkan pengalamannya, saat rapat mingguan yang rutin digelar secara fisik pun banyak yang tidak tepat menerka jalan pikiran ketua umum partainya.

"Apalagi sekarang yang akibat Covid sudah sangat jarang rapat dengan hadir fisik, maka praktis terkaan makin melenceng jauh," ucapnya.

Meski begitu, Ketua Komisi III DPR RI itu memastikan bahwa apapun yang menjadi keputusan Megawati bukan berdasarkan pertimbangan pragmatis yang sering dianggap banyak pihak. Melainkan berlandaskan kepentingan nasional.

"Hal yang bisa saya pastikan bahwa setiap kapasitas Ibu (Megawati) selalu punya landasan kepentingan bangsa, kepentingan nasional. Tidak pragmatis sebagaimana yang sering kita temui pada pemikiran kebanyakan orang," tegas Bambang.

Sebagai informasi, PDI Perjuangan akan menggelar HUT ke-50 di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 10 Januari 2023.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya membocorkan rencana besar partainya terkait dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan segera mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. Pengumuman dipastikan disampaikan di tahun depan.

"Ibu Mega telah memutuskan untuk rencana mengumumkan calon presiden pada tahun 2023. Jadi itu bocoran yang bisa saya sampaikan, baha capres dari PDI Perjuangan bocornanya akan diumumkan pada tahun 2023," kata Hasto, Jumat (30/12/2022).

Hingga saat ini, PDIP belum menentukan sikap apapun terkait Pemilu 2024, baik bergabung dalam satu koalisi maupun mengusung tokoh sebagai capres.

Meski begitu, nama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo banyak digadang-gadang sebagai kandidat kuat yang bakal dipilih Megawati untuk diusung sebagai capres.

Rekomendasi