BMKG Catat Ada 145 Gempa Susulan Guncang Kota Jayapura

| 03 Jan 2023 09:00
BMKG Catat Ada 145 Gempa Susulan Guncang Kota Jayapura
Sebaran titik lokasi gempa yang mengguncang wilayah Kota Jayapura (BMKG)

ERA.id - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika mencatat, ada ratusan gempa bumi susulan yang mengguncang Kota Jayapura, Papua pada hari ini, Selasa (3/1/20223). 

"Hingga pukul 07:50 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 145 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono. 

Pagi ini, pukul 07:40:00 WIT wilayah Kota Jayapura, Papua diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M4.0. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.47° LS dan 140.68° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km Timur Laut Kota Jayapura Papua dengan kedalaman 8 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif yang melintas di wilayah Kota Jayapura. 

Menurutnya, gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat Kota Jayapura dengan skala intensitas II-III MMI  (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

"Gempa bumi ini masih merupakan rangkaian gempa susulan dari gempa utama M4.9 Jayapura 2 Januari 2023," katanya. 

Rekomendasi