Merasa Ucapannya Dipelintir, Mahfud MD Sebut Rizal Ramli Ngawur, Duh!

| 05 Jan 2023 11:47
Merasa Ucapannya Dipelintir, Mahfud MD Sebut Rizal Ramli Ngawur, Duh!
Mahfud MD

ERA.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut eks Menko Kemaritiman Rizal Ramli itu bodoh dan ngawur. Mahfud tak terima kalau ucapannya soal seseorang masuk sistem pemerintahan di Indonesia, meski figur bersih, bisa menjadi iblis, dipelintir Rizal.

Eks ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun perlu meluruskan anggapan salah yang disampaikan Rizal.

"Ternyata Rizal Ramli ini makin ngawur dan bodoh. Tunjukkan, kapan saya bilang bahwa setiap orang yang masuk kekuasaan menjadi iblis. Gobloklah pernyataan tersebut. Kapan dan di mana saya bilang begitu? Ayo. Saya bilangnya bukan begitulah, tapi begini," kata Mahfud lewat akun Twitter, @mahfudmd dikutip ERA, Kamis (5/1/2023).

Persoalan itu memang sejak lama beredar di Twitter. Mahfud sendiri bilang itu pada 2012 silam saat dia menjadi Ketua MK.

Bahkan, Mahfud sampai membuat klarifikasi di acara Indonesia Lawyers Club (ILC). Menurutnya, pernyataannya itu dalam konteks pemilihan kepala daerah (pilkada). Bukan berarti dia bisa jadi iblis saat gabung dalam pemerintahan.

"Berita Republika itu betul. Untuk apa disomasi? Isinya soal pilkada, banyak kepala daerah yang korup seperti iblis karena sistem pilkadanya. Itu yang benar," ujar eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut.

"Tapi Rizal Ramli, menuding saya bilang bahwa orang yang masuk masuk ke kekuasaan jadi iblis. Itu pernyataan sesat dan tak bisa dibiarkan. Harus dikritik balik," kata Mahfud melanjutkan.

Sebelumnya, Rizal menyoroti argumen Mahfud soal Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja. Undang-Undang (UU) Cipta Kerja sudah dibatalkan MK karena dianggap inskonstitusional.

Presiden Jokowi malah mengelurkan Perppu Cipta Kerja dan dianggap sah oleh Mahfud. Itulah yang membuat Rizal mengkritik keras Mahfud. "Omongan kawan saya Mahfud MD bahwa semua orang akan berubah dari malaikat menjadi iblis setelah masuk kekuasaan adalah 'penghinaan terhadap sejarah para tokoh besar dan pejuang Indonesia'. Mahfud itu tidak betul," ujar Rizal.

Rekomendasi