KPK Akan Bawa Lukas Enembe ke RSPAD untuk Diperiksa Kesehatannya Saat Tiba di Jakarta

| 10 Jan 2023 19:40
KPK Akan Bawa Lukas Enembe ke RSPAD untuk Diperiksa Kesehatannya Saat Tiba di Jakarta
Gubernur Papua Lukas Enembe saat akan diterbangkan ke Jakarta (Antara)

ERA.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang membawa Gubernur Papua, Lukas Enembe ke Jakarta. Setibanya di ibu kota, Lukas Enembe akan dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

"Setibanya di Jakarta saudara Lukas Enembe akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD dengan didampingi oleh tim KPK," kata Ketua KPK, Firli Bahuri dalam keterangannya, Selasa (10/1/2023).

Firli tak merinci pemeriksaan kesehatan apa saja yang bakal dilakukan petugas kesehatan RSPAD ke Lukas Enembe. Dia juga tak mengungkapkan sekitar pukul berapa Gubernur Papua ini tiba di Jakarta.

Dia hanya menerangkan Lukas sempat diamankan di Mako Brimob Kota Raja Polda Papua sebelum dibawa ke Jakarta melalui jalur udara.

Sebelumnya, KPK membenarkan telah menangkap Lukas Enembe. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengungkapkan Lukas tidak sedang sendirian saat ditangkap.

"Informasi yang kami peroleh memang betul ditangkapnya di sebuah rumah makan, memang ada pihak-pihak lain (yang juga bersama Lukas). Tetapi tentu kepentingan KPK adalah menangkap tersangka," kata Ali kepada wartawan, Selasa.

Namun, Ali tak merinci siapa pihak yang bersama Lukas Enembe itu. Apakah pihak lain yang dimaksud Ali itu juga diamankan bersama Gubernur Papua atau tidak, tak dia beberkan.

Dia hanya mengatakan penyidik KPK sedang dalam perjalanan untuk membawa Lukas ke Gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

"Sehingga kami melakukan upaya itu, tadi sudah dilakukan penangkapan dan saat ini masih dalam proses untuk dibawa ke Jakarta, tentunya untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka oleh tim penyidik KPK," ucapnya.

Rekomendasi