Dukung Ganjar Jadi Capres 2024, Guntur Soekarnoputra: Presiden RI Tidak Harus Keluarganya Bung Karno

| 18 Jan 2023 15:20
Dukung Ganjar Jadi Capres 2024, Guntur Soekarnoputra: Presiden RI Tidak Harus Keluarganya Bung Karno
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Putra sulung Presiden pertama RI Soekarno, Guntur Soekarnoputra alias Mas Tok buka-bukaan menyebut mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketimbang Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia menegaskan, seorang presiden atau kepala negara di Indonesia tidak harus berasal dari trah Bung Karno.

"Kan saya sudah bilang, yang jadi presiden atau kepala negara Indonesia itu tidak harus keluarganya Bung Karno. Jadi saya berhak dong kalau milih Ganjar," kata Mas Tok dikutip dari Kanal YouTube Liputan6, Rabu (18/1/2023).

Kakak kandung Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri itu menjelaskan, dirinya memiliki sikap berbeda antara urusan politik dan kekeluargaan.

Meskipun memilih Ganjar, dia menegaskan bukan berarti hubungan dengan keponakannya yaitu Puan Maharani renggang. Sebagai seorang paman, tentunya dia sangat menyayangi Puan.

"Seneng enggak senang kan itu ponakan Mas Tok. Dan Mas Tok sama dia baik-baik, Mas Tok sama dia sayang. Mas Tok sama dia sebagai pamannya selalu bertindak sebagai pamannya," katanya.

"Tapi kalau dihubungkan sama politik, presiden atau gimana, Mas Tok punya pilihan sendiri," imbuh Mas Tok.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa calon presiden dan presiden harus memiliki basis massa yang kuat. Tanpa dukungan rakyat, maka tidak bisa seseorang menjadi kepala negara.

"Menurut Mas Tok, siapapun yang mau jadi presiden, dia harus mendapat hati, mendapat simpati, dan harus mencengkram basis massa," ucapnya.

"Di luar itu, Ganjar kek, mau Puan kek, mau siapa Anies kek, atau mau siapa aja kalau tidak berada kuat di basis massa, itu mas Ton pikir ga pantes jadi presiden," tegasnya.

Diketahui, nama Ganjar Pranowo dan Puan Maharani digadang-gadang menjadi kandidat terkut untuk mendapatkan tiket capres 2024.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku, banyak orang yang menantikan kapan akan mengumumkan nama bakal calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan dalam pidato perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

"Kenapa ya orang-orang ini, kan sebetulnya seremeniol (HUT) ke-50 tahun. Karena ini yang ditunggu-tunggu, kalau orang main taruhan sudah masang siapa (nama) yang akan diumumkan," kata Megawati.

Ucapannya itu langsung mendapat sambutan tepuk tangan dari ratusan kader yang hadir. Sayangnya, nama bakal capres dipastikan tidak akan diumumkan hari ini.

"Ya ntar dulu, emangnya situ tepuk tangan, aku tergiur umumkan. Enggak," kata Megawati sambil tersenyum.

Dia lantas mengingatkan bahwa hasil Kongres ke-V PDIP telah memberikan mandat bahwa keputusan mengenai capres-cawapres 2024 merupakan hak prerogatifnya sebagai ketua umum partai berlambang banteng.

"Kan saya ketua umum terpilih di kongres partai sebagai institusi tertinggi partai. Maka oleh kongrea partai diberikanlah ketua umum terpilih hak prerogatif siapa yang akan dicalonkan. Sekarang mau nungguin (diumumkan)? Enggak ada. Ini urusan gue," kata Megawati.

Rekomendasi