BMKG Deteksi Sembilan Titik Panas di Kalimantan Timur

| 18 Jan 2023 16:35
BMKG Deteksi Sembilan Titik Panas di Kalimantan Timur
Petugas melakukan pemadaman api (Antara)

ERA.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi sembilan titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sehingga pihak terkait diharap melakukan penanganan berupa pemadaman.

"Sebanyak sembilan titik panas tersebut terpantau sepanjang Selasa (17/1), mulai pukul 01.00 hingga pukul 24.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Rabu (18/1/2023). 

Lokasi sebaran titik panas itu langsung disampaikan kepada instansi terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten/kota masing-masing, agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Ia mengimbau semua elemen masyarakat turut menjaga lingkungan agar tidak terjadi kebakaran lahan maupun hutan, termasuk di kawasan pemukiman.

Semua kalangan, katanya, antara lain diminta tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak membakar saat pengelolaan lahan, dan menghindari aktivitas lain yang dapat memicu kebakaran.

Pada empat hari sebelumnya (15/1), BMKG Stasiun Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan juga mendeteksi 18 titik panas tersebar di empat kabupaten. Namun, titik panas tersebut padam setelah dilakukan penanganan oleh pihak terkait.

Sebanyak sembilan titik panas yang terpantau pada Selasa (17/1), berada di titik koordinat berbeda dengan sebelumnya, meskipun ada juga yang masih dalam satu kabupaten maupun kecamatan yang sama.

Sebanyak sembilan titik panas itu, tersebar di lima kabupaten/kota, yakni Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Berau masing-masing satu titik, sedangkan Kabupaten Kutai Barat lima titik.

Rinciannya adalah di Balikpapan di Kecamatan Balikpapan Kota dengan tingkat kepercayaan rendah, Berau di Kecamatan Sambaliung, Kutai Timur di Kecamatan Kaubun, Kutai Kartanegara di Kecamatan Muara Kaman dengan tingkat kepercayaan menengah.

Di Kabupaten Kutai Barat terdeteksi lima titik panas, tersebar di Kecamatan Jempang yang memiliki tingkat kepercayaan menengah. (Ant)

Rekomendasi